Natal dan Tahun Baru, Polres Pemalang Fokus Atur Lalu Lintas dan Amankan Obyek Vital

Natal dan Tahun Baru, Polres Pemalang Fokus Atur Lalu Lintas dan Amankan Obyek Vital

PIMPIN - Bupati, kopolres dan dandim saat memimpin apel gelar pasukan di halaman Mapolres Pemalang.Foto:M Ridwan/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Sejak 22 Desember 2023 hinggga 2 Januari 2024, Polres Pemalang menggelar Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Candi 2023. sebanyak 726 personel gabungan dari unsur Polri-TNI dan stakeholder lainnya dilibatkan. Untuk memberikan rasa aman pada masyarakat yang beraktifitas selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya usai memimpin apel gelar pasukan bersama Forkopimda Kabupaten Pemalang menyampaikan, dalam pelaksanaan operasi ini, pihaknya telah mendirikan empat pos. Yang terdiri dari tiga pos pelayanan dan satu pos pengamanan.

BACA JUGA:DPRD Tunggu Keputusan Mendagri Soal Masa Jabatan Wali Kota

"Ada beberapa fokus dalam pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Yakni pengaturan lalu lintas dan pengamanan obyek vital, seperti tempat ibadah dan obyek wisata,” jelasnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan kebijakan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi meningkatnya potensi pergerakan masyarakat di jalur arteri dan tol. Dia juga telah menempatkan tim urai di pos pelayanan Gandulan Pemalang.

“Hari ini, kami telah menyampaikan imbauan kepada pelaksana perbaikan jalan di Pantura agar besok jalur sudah steril dan siap digunakan,” terangnya.

BACA JUGA:Turunkan Stunting, Pemkab Tegal Kerahkan 3.690 Kader TPK

Terkait penerapan one way di jalur Tol, pemberlakuannya secara terpusat dan menunggu instruksi dari Mabes Polri.

“Apabila terdapat instruksi, maka akan kami informasikan kepada masyarakat sebelum diberlakukan,” ujarnya.

Untuk menjamin pelaksanaan ibadah Natal yang aman, Polres Pemalang telah melaksanakan sterilisasi ke gereja-gereja sebelum berlangsungnya ibadah.

BACA JUGA:UPS Tegal Undang 16 PTS Persiapkan International Summer Camp 2024

"Sterilisasi dilakukan oleh tim khusus yang telah mengikuti pelatihan di Polda Jateng. Dilengkapi dengan alat metal detektor, mirror detektor dan anjing pelacak K9," bebernya.

Sebelum digelarnya Operasi Lilin Candi, Polres Pemalang juga telah menggelar Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD). Untuk menjaga kondusifitas menjelang dan pascaNataru.

"Kami telah mendatangi sejumlah tempat hiburan malam dan melakukan pengecekan serta tes urine. Untuk mengantisipasi peredaran dan penyalahgunaan narkoba menjelang Nataru," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: