10+ Rekomendasi Makanan Khas Cilacap yang Paling Ikonik, Lezat dan Menggugah Selera

10+ Rekomendasi Makanan Khas Cilacap yang Paling Ikonik, Lezat dan Menggugah Selera

makanan khas cilacap--foto youtobe

DISWAY JATENG - Ketika berkunjung ke Jawa Tengah, jangan lupa mampir ke Kota Cilacap. Kota ini berbatasan langsung dengan kabupaten Brebes dan Banyumas Utara. Selain menarik dari sektor pariwisata pantainya, ada banyak makanan khas Cilacap Jawa Tengah yang wajib dicoba.

Makanan khas Cilacap Jawa Tengah yang akan dibahas kali ini cukup melegenda. Mencicipinya, membuat kota Cilacap hadir di depan mata. Nah, bagi yang sudah ngiler dan ingin segera mencicipi makanan khas Cilacap Jawa Tengah tidak perlu risau. 

Berikut Beberapa Rekomendasi Makanan Khas Cilacap yang Bikin Nagih :

1. Brekecek 

Mengulik asal-muasal nama makanan khas Cilacap dari Jawa Tengah ini diambil dari dua kata yang berbeda yaitu "brek" berasal dari bahasa Jawa yang artinya jatuh, sedangkan kecek sebutan untuk bumbu yang dipakai.

Brekecek berarti makanan dengan bahan dasar ikan yang diolah dengan bumbu rempah hingga cita rasa yang disajikan mirip dengan rica-rica ikan.

BACA JUGA:Keindahan Tersembunyi di Kota Cilacap, Inilah Panorama Pantai Teluk Penyu, Simak Harga Tiketnya!

2. Tahu Masak

Secara visual makanan khas Cilacap ini tampak seperti hidangan kupat tahu, namun bila dilihat seksama kuliner ini jauh berbeda. Tahu masak ini berisi tahu goreng dan sayuran yang dipakai ada dua yaitu irisan kubis dan seledri yang menambah citarasa semakin wangi dan unik.

Untuk menikmati satu porsi harganya pun ramah dikantong yaitu Rp 10.000. Tidak sulit mencari kuliner ini di Cilacap.

3. Templeng 

Makanan ni serupa dengan rempeyek yang juga seringkali menjadi pendamping makanan utama. Namun, warga Cilacap lebih mengenalkan peyek dengan nama templeng meskipun memakai adonan yang sama dan cita rasa yang mirip.

Jajanan khas satu ini memiliki variasi isi yang cukup banyak seperti memakai udang rebon, kacang hijau, teri, dan kedelai. Varian tersebut dapat disesuaikan dengan selera masing-masing penikmat sehingga bisa memilih sesuai isiannya.

4. Sate Martawi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: