Hemat dan Enak, 10 Hidangan Berbahan Dasar Tempe ini Bisa Anda Coba

Hemat dan Enak, 10 Hidangan Berbahan Dasar Tempe ini Bisa Anda Coba

Hidangan Berbahan Dasar Tempe--

DISWAYJATENG.ID - Makanan tradisional Indonesia yang terkenal adalah tempe, yang dibuat dari kedelai yang telah difermentasi dengan bantuan ragi Rhizopus Oligosporus atau Rhizopus Orzyae. Hasil fermentasi ini akan membentuk padatan berwarna coklat kehitaman dan memiliki aroma khas. Berikut adalah 10 hidangan berbahan dasar tempe yang bisa Anda coba:

1. Tempe Goreng

Hidangan pertama berbahan dasar tempe yakni tempe goreng. Potong tempe menjadi irisan tipis atau kotak-kotak, lalu goreng hingga kecokelatan. Hidangkan dengan saus sambal atau saus kacang sebagai camilan atau lauk.

2. Tumis Tempe

Hidangan selanjutnya yang berbahan dasar tempe yaitu tumis tempe. Potong tempe menjadi dadu kecil dan tumis dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan kecap manis. Tambahkan sayuran sesuai selera, seperti wortel atau kacang panjang, untuk hidangan seimbang.

3. Sate Tempe

Makanan selanjutnya yang berbahan dasar tempe ada sate tempe. Iris tempe menjadi kotak-kotak kecil dan tusukkan ke tusuk sate. Bakar atau panggang sate tempe tersebut dan sajikan dengan saus kacang atau saus sate.

4. Mendoan Tempe

Berikunya ada hidangan berbahan dasar tempe yang sudah populer di masyarakat yakni mendoan tempe, cara membuat tempe mendoan bisa terlebih dahulu potong tempe tipis-tipis dan celupkan ke dalam adonan tepung berbumbu, lalu goreng hingga renyah. Hidangkan sebagai camilan atau pendamping nasi.

5. Tempe Bacem

Selanjutnya Tempe bacem. Cara membuatnya bisa dengan terlebih dahulu merebus tempe dengan bumbu bacem seperti gula merah, kecap manis, jahe, dan daun salam. Setelah direbus hingga bumbu meresap, tempe bacem siap disajikan sebagai hidangan gurih.

6. Tempe Mendoan

Berikutnya Tempe mendoan. Iris tempe tipis-tipis, lalu goreng hingga kecokelatan. Sajikan dengan bumbu kacang yang gurih sebagai camilan atau lauk.

7. Tempe Penyet

Makanan selanjutnya yang berbahan dasar tempe yakni tempe penyet. Goreng tempe hingga kecokelatan, lalu tumbuk dengan bumbu sambal terasi, tomat, dan cabai rawit. Hidangkan dengan nasi, lalapan, dan kerupuk sebagai hidangan pedas yang lezat.

8. Pepes Tempe

Bungkus tempe dengan daun pisang atau alumunium foil setelah diolesi bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan daun jeruk. Kukus atau panggang pepes tempe tersebut hingga matang.

9. Soto Tempe

Potong tempe menjadi dadu kecil dan masak dalam kuah kaldu ayam bersama dengan sayuran seperti taoge dan kol. Beri bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan ketumbar untuk cita rasa yang lezat.

10. Burger Tempe

Hidangan terakhir berbahan dasar tempe yaitu burger tempe. Haluskan tempe dan campur dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, telur, tepung roti, dan rempah-rempah. Bentuk adonan tempe menjadi patty, panggang atau goreng hingga matang. Sajikan dalam roti burger dengan sayuran dan saus pilihan.

Semoga ide hidangan berbahan dasar tempe ini menginspirasi Anda untuk mencoba variasi baru dalam masakan sehari-hari, selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: