Eksplorasi Wisata di Kediri, Ini 8 Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi!

Eksplorasi Wisata di Kediri, Ini 8 Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi!

Simpang Lima Gumul Kediri-Wikipedia-

DISWAYJATENG - Nama Kediri sudah menjadi bagian dari peta perjalanan bagi para pecinta destinasi unik di Indonesia.

Dikenal sebagai Kota Tahu, Kediri memiliki sejarah yang kaya sebagai bekas kerajaan besar di Jawa Timur pada masa Mataram Kuno.

Jejak sejarahnya masih terlihat melalui prasasti dan bangunan candi yang tersebar di berbagai penjuru kota. Namun, Kediri tidak hanya menyuguhkan pesona sejarah, tetapi juga keindahan alam yang menakjubkan.

 

Jika kamu berada di Kediri atau wilayah sekitarnya, jangan khawatir. Kediri juga punya banyak tempat wisata yang bisa jadi destinasi utama dalam liburanmu.

BACA JUGA:Menikmati Pesona Nganjuk: 8 Destinasi Wisata, dan 4 Kuliner yang Menggoda!

 

Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi

 

1. Simpang Lima Gumul

 

Simpang Lima Gumul menjadi salah satu ikon Kediri dengan monumen yang mirip Arc de Triomphe di Paris, Perancis. Bagi yang belum kesampaian menginjakkan kaki di Paris, monumen ini bisa menjadi pengganti sementara.

Selain menawarkan keindahan, Simpang Lima Gumul juga menjadi tempat asyik untuk berfoto ala-ala Eropa tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

 

2. Jalan Dhoho

 

Bagi penggemar belanja, Jalan Dhoho di Kediri bisa diandalkan seperti halnya Malioboro di Yogyakarta. Ratusan kios menawarkan beragam produk mulai dari sandang, pangan, hingga hotel.

Jangan lewatkan juga kuliner khas Kediri, terutama Pecel Tumpang Pincuk yang tak hanya lezat tapi juga terkenal di kawasan ini.

 

3. Gua Selomangleng

 

Gua Selomangleng, berlokasi 7 km ke arah barat kota Kediri, menyimpan cerita pertapaan Dewi Kilisuci, putri mahkota Raja Airlangga.

BACA JUGA:Jembatan Suramadu Surabaya: Wisata Seru di Ikon Kebanggaan Kota Pahlawan, Simak 7 Kegiatan Serunya!

Meskipun tidak memiliki stalagmit atau stalagtit, gua ini memukau dengan relief, ukiran, dan patung khas dengan nuansa Hindu. Saat tertentu, gua ini dijadikan tempat hening bagi masyarakat yang memelihara budaya leluhur.

 

4. Candi Surowono

 

Terletak di Kecamatan Pare, Candi Surowono adalah peninggalan Hindu dari Kerajaan Majapahit. Meski belum direkonstruksi sepenuhnya, candi ini menyimpan keagungan masa lalu dengan relief Arjuna, Bubuksah, dan Sri Tanjung di tiap sudutnya.

Candi Surowono menjadi saksi upacara pendarmaan bagi Wijayarajasha, paman dari Rajasanegara, Raja Majapahit pada zamannya.

 

5. Gereja Puh Sarang

 

Gereja Puh Sarang di Kecamatan Semen, Kediri, menawarkan arsitektur unik yang memadukan unsur Jawa, Hindu, Buddha, dan Tiongkok.

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Bersejarah di Surabaya. Cocok untuk Mengisi Liburan Tahun Baru Bersama Keluarga

Dengan altar luar berbentuk stupa candi Borobudur, menara candi Buntar, dan atap bergaya rumah Jawa, gereja ini memberikan pengalaman spiritual yang berbeda.

 

6. Kampung Inggris di Pare

 

Kampung Inggris Pare menjadi destinasi unik untuk wisata edukasi. Di sini, kamu dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu dengan tinggal di homestay yang mewajibkan penggunaan Bahasa Inggris selama 24 jam. Selain itu, banyak lembaga pendidikan non formal yang menawarkan berbagai program.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: