Menikmati Pesona Nganjuk: 8 Destinasi Wisata, dan 4 Kuliner yang Menggoda!

Menikmati Pesona Nganjuk: 8 Destinasi Wisata, dan 4 Kuliner yang Menggoda!

Air Terjun Sedudo ; Wisata Nganjuk -Mytrip123-

DISWAYJATENG - Nganjuk, si Kota Angin yang berada di tengah pesona Jawa Timur, menyuguhkan sejuta keindahan alam, sejarah, dan kelezatan kuliner yang patut dijelajahi.

Terletak di dataran rendah dan diapit oleh Gunung Wilis dan Pegunungan Kendeng, Nganjuk membanggakan struktur tanah yang subur, menciptakan lanskap yang cocok untuk bercocok tanam.

Kesejukan angin khasnya menjadikan Nganjuk dikenal sebagai Kota Angin, juga sebagai destinasi wisata yang menarik. Mari kita telusuri beberapa keistimewaan tempat wisata dan kuliner khas Nganjuk!

 

1. Air Terjun Roro Kuning

 

Berjarak sekitar 17 km dari pusat kota Nganjuk, Air Terjun Roro Kuning menjadi magnet bagi warga setempat dan para wisatawan.

BACA JUGA:The Keranjang Bali; Pusat Oleh-Oleh Ternama di Bali, Simak Ini 5 Ulasannya!

Pemandangan anggun air terjun yang merambat di dinding bebatuan kapur mengundang decak kagum. Fasilitas yang tersedia, seperti tempat parkir, jalan beraspal, fasilitas outbound, dan kolam renang, membuat pengalaman wisata semakin nyaman.

 

2. Air Terjun Sedudo

 

Kawasan Air Terjun Sedudo, yang terletak pada ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut, menawarkan sensasi mandi yang tak terlupakan.

Airnya yang amat dingin seakan menusuk masuk ke dalam tulang-belulang, menciptakan pengalaman menyegarkan.

BACA JUGA:Yuk Intip! Ini Daya Tarik yang Ditawarkan Desa Panglipuran Bali, Apa Saja?

Mitos yang menyertai air terjun ini, seperti keajaiban tetap awet muda jika mandi pada bulan Sura, menambah daya tariknya. Ritual Mandi Sedudo yang diadakan pemerintah setempat pada tanggal 1 Suro menjadi momen unik yang juga dapat dinikmati wisatawan.

 

3. Air Terjun Singokoromo

 

Meski tidak setinggi Air Terjun Sedudo, Air Terjun Singokoromo tetap menarik dengan pemandangan alam dan aliran airnya yang deras.

Terletak sekitar 2,5 km ke arah selatan kota Nganjuk di Gunung Wilis, pengunjung harus berjalan kaki melalui jalan setapak di tengah hutan untuk mencapai tempat ini.

Mitos yang mengelilingi air terjun ini, termasuk ritual pada tanggal 15 setiap bulannya, menambah nuansa mistis yang menarik.

 

4. Gua Margo Tresno

 

Gua Margo Tresno, yang terletak di Pegunungan Kendeng, Dusun Cabean, Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngluyu, memikat para wisatawan dengan panorama alam yang indah.

Udara lembab dan keberadaan kelelawar menambah kesan mistis di lokasi ini. Gua ini juga dipercaya sebagai tempat ngalap berkah bagi warga sekitar.

 

5. Candi Ngetos

 

Candi Ngetos, yang terletak di Desa Ngetos sekitar 17 kilometer ke arah selatan Kota Nganjuk, membawa kita kembali ke zaman Majapahit.

BACA JUGA:7 Tempat Wisata di Lamongan Terbaik dan Populer, Cocok Dikunjungi Ketika Liburan atau Akhir Pekan!

Diperkirakan dibangun pada abad kelimabelas, candi ini diyakini sebagai tempat pemakaman Hayam Wuruk. Arca Siwa dan Wisnu yang terdapat di dalam candi menambah nilai sejarah dan keagungan tempat ini.

 

6. Candi Lor

 

Candi Lor, yang terbuat dari batu bata merah, memberikan sensasi seperti melihat panorama Angkor Wat di Kamboja. Meskipun kondisinya kurang terawat, keunikan struktur batu bata merah dan kehadiran pohon yang tumbuh di atasnya memberikan daya tarik tersendiri.

 

7. Klenteng Hok Yoe Kiong

 

Berlokasi di Desa Sukomoro, klenteng ini menjadi tempat beribadat umat Tridharma. Bagi yang ingin mengamati ritual-ritual keagamaan umat Konghucu, disarankan untuk datang pada perayaan-perayaan Cap Go Meh atau hari raya Imlek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: