7 Destinasi Wisata Bersejarah di Surabaya. Cocok untuk Mengisi Liburan Tahun Baru Bersama Keluarga

7 Destinasi Wisata Bersejarah di Surabaya. Cocok untuk Mengisi Liburan Tahun Baru Bersama Keluarga

Monumen Tugu Pahlawan Surabaya-Wikipedia-

DISWAYJATENG - Surabaya, kota pahlawan yang dikenal dengan sejumlah tempat bersejarah yang memukau. Beragam bangunan, monumen, jembatan, dan bahkan hotel menjadi saksi bisu perjalanan sejarahnya.

Tidak hanya menjadi destinasi untuk bersantai dan berfoto, Kamu juga bisa menjelajah dan meresapi tempat-tempat yang menjadi saksi perjuangan pahlawan di kota ini.

Mari kita telusuri 7 destinasi bersejarah di Surabaya yang patut kamu eksplor:

1. Monumen Tugu Pahlawan

Monumen yang menjadi ikon kota Surabaya ini memegang kisah heroik Pertempuran 10 November 1945 dengan erat. Peristiwa tersebut menyaksikan pengorbanan besar arek-arek Surabaya yang gigih melawan tentara Sekutu.

BACA JUGA:Kuliner Seru di Surabaya: 11 Makanan Khas yang Mesti Dicoba!

Keunikan monumen ini tak hanya terletak pada struktur bangunannya, tetapi juga pada simbolisme yang terkandung di dalamnya, seperti 10 lengkungan dengan 11 ruas di bagian tiangnya yang merepresentasikan tanggal peristiwa bersejarah tersebut.

Dengan tinggi mencapai 41,15 meter, monumen ini berdiri megah di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya, berada persis di tengah Taman Kebon Rojo dan di seberang Kantor Gubernur Jawa Timur.

2. Museum 10 November

Disekitar kompleks Monumen Tugu Pahlawan, Museum 10 November turut mengabadikan sejarah perjuangan rakyat Surabaya.

Mulai dari sisa-sisa peristiwa, transkrip suara ikonik Bung Tomo yang memberi semangat kepada arek Surabaya, hingga senjata-senjata yang digunakan saat pertempuran berlangsung.

BACA JUGA:Menikmati Pesona Nganjuk: 8 Destinasi Wisata, dan 4 Kuliner yang Menggoda!

Berdiri sejak 10 November 1991, museum ini resmi diresmikan pada 19 Februari 2000. Selain kaya akan nilai sejarah, museum di Surabaya ini juga menonjolkan bentuk bangunannya yang unik, berbentuk piramida, memberikan kesan seolah-olah tersimpan di dalam tanah.

3. Gedung Siola

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: