Personel Gabungan Khusus Obyek Wisata Disiapkan Menjelang Libur Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Tegal

Personel Gabungan Khusus Obyek Wisata Disiapkan Menjelang Libur Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Tegal

KALKULASI - Kepala Dinas Porapar mengalkulasi prosentase capaian PAD jelang akhir tahun.Foto: Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Langkah antisipasi dini menekan terjadinya insiden di obyek wisata selama libur sekolah serta Natal dan Tahun Baru (Nataru) ditempuh  Dinas Porapar. Kali ini, jelang puncak kedatangan wisatawan di masa libur Nataru, Dinas Porapar menerjunkan personel khusus yang ditugasnya di obyek wisata.

Kepala Dinas Porapar Kabupaten Tegal AHmad Uwes Qoroni menyatakan, selama libur Nataru. Pihaknya menempatkan 60 personel di obyek wisatan Guci, 26 personel di Cacaban dan 26 personel di Purwahamba Indah. 

BACA JUGA:Program Bajak Bu Nani Katah Dongkrak PBB Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang

"Kekuatan personel tersebut masih didukung personel dari TNI dan Polri, pemerintah desa setempat, pramuka, dan BPBD," ujarnya.

Dia memprediksi puncak kunjungan wisata terjadi di tanggal 24 dan 25 dan malam Tahun Baru. Berkaca pada libur Nataru tahun sebelumnya, kehadiran wisatawan di obyek wisata mencapai 10.000 pengunjung. Untuk mengantisipasi keamanan pengunjung juga didirikan 2 pos pengamanan  dan pos pelayanan  di Guci. Sementara di Cacaban dan Purin didirikan pos yan. Di penghujung tahun juga akan digelar festival 1.000 degan (kelapa muda) yang akan digelar 30 Desember 2023 pagi di Purwahamba Indah. Terkait target PAD sektor pariwista, dirinya mengaku tahun ini ada kenaikan sebesar 10 persen di target ubahan. 

BACA JUGA:Tingkatkan Sarana dan Prasarana di Desa Wanarata Kabupaten Pemalang dengan Rabat Beton

“Dimana di target penetapan reguler PAD sektor pariwisata dipatok Rp10, 2 miliar dan di ubahan naik menjadi Rp13, 75 miliar.

Estimasi hingga akhir  November sudah mencapai 83,27 persen dari target yang dibebankan di ubahan. Masih ada waktu hingga jelang akhir tahun untuk mengejar target tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: