Program Bajak Bu Nani Katah Dongkrak PBB Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang

Program Bajak Bu Nani Katah Dongkrak PBB Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang

KUNJUNGI - Sekretaris Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bapenda) Sujarwo kunjungi layanan program Bajak Bu Nani Katah di Kecamatan Warungpring.Foto: Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Upaya untuk meningkatkan perolehan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Tahun 2023 di Kecamatan Warungpring. Dilaksanakan program Bajak Bu Nani Katah atau pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan secara online di dekat rumah. 

Program tersebut merupakan proper/aksi perubahan yang dilakukan oleh Sekretaris Kecamatan Warungpring Harinto

Dalam melaksanaan program, Harinto mencoba memilih dua desa dari enam desa yang ada di Kecamatan Warungpring. Untuk dijadikan pilot project, yaitu desa Mereng dan desa Datar. 

BACA JUGA:Pasang APK di Kabupaten Brebes Tidak Sesuai Zona, akan Ditindak Tegas

Setelah dilaksanakan program Bajak Bu Nani Katah  kurang lebih hampir 2 bulan, perolehan PBB di dua desa tersebut mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan sampai dengan akhir November 2023 perolehan PBB Desa Mereng berhasil mencapai Rp72.909.491 atau 71,02  persen dari posisi awal 53,03 persen. Sehingga mengalami kenaikan mencapai 18 persen.

Sedangkan untuk Desa Datar perolehan PBB nya juga mencapai  Rp56.778.502 atau 78,57 persen dari posisi sebelumnya 67,17 persen, sehingga mengalami kenaikan sebesar 11,4  persen.

BACA JUGA:Jalan RT 22 Desa Rembul Kabupaten Pemalang Dirabat Beton

Plt Camat Warungpring Umroni  mengatakan, program ini memberikan dampak positif, khususnya dalam peningkatan prosentase PBB. Menurutnya, keberhasilan dalam melaksanakan program ini, menjadikan Kecamatan Warungpring menempati peringkat 3 se-Kabupaten Pemalang dalam prosentase perolehan PBB. 

"Sungguh suatu yang membanggakan, karena pada tahun sebelumnya, di periode yang sama hanya menempati peringkat 6,"katanya.

BACA JUGA:Cegah Stunting, Pemkab Tegal Bangun Balai PKB di 4 Kecamatan

Kades Mereng Andri Irawan menyambut baik dan sangat mendukung adanya program tersebut. Karena selain ada komunikasi yang rutin terutama dalam pemungutan PBB. Juga memberikan kontrol dan semangat kepada rekan-rekan perangkat desa agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: