18 Makanan Khas Jepara yang Mantul dan Mesti Kamu Cobain! Rasanya Menggugah Selera

18 Makanan Khas Jepara yang Mantul dan Mesti Kamu Cobain! Rasanya Menggugah Selera

Cicipi rondo royal makanan khas Jepara-iNews-

DISWAYJATENG - Selain dikenal sebagai kota kelahiran RA Kartini dan punya tempat wisata yang indah, Jepara juga terkenal banget dengan makanan khasnya, loh. Jadi, kalau lagi mampir ke Jepara, jangan lupa nyobain kuliner khasnya, ya!

Makanan Khas Jepara yang Maknyus

Makanan khas Jawa Tengah, khususnya yang dari Jepara, bisa bener-bener bikin lidah kamu seneng. Rasa tradisional dan khasnya pasti nambah seru liburan atau jalan-jalan di Jepara. Ini dia beberapa makanan khas Jepara yang paling direkomendasikan!

1. Kuluban

Kuluban atau sering disebut kluban adalah salah satu makanan khas Jepara yang pakai sayuran sebagai bahan utamanya. Jadi, bisa dibilang kuluban itu kayak salad ala orang Jepara.

BACA JUGA:Berani Cicipi 9 Sambal Khas Indonesia ini? Dijamin Bikin Ketagihan

Kenapa? Karena kuluban terdiri dari berbagai macam sayur yang ditambahin parutan kelapa yang udah dibumbui. Sayur yang biasa dipake di kuluban antara lain kangkung, daun singkong, labu siam, sawi, kacang panjang, dan tauge.

Bumbu kelapa yang dipake tuh ada kelapa, terasi, cabai, dan gula. Kuluban banyak dijual di warung dan pasar tradisional dengan harga mulai dari Rp5.000,- per porsinya.

2. Adon-Adon Coro

Adon-adon coro adalah minuman khas tradisional Jepara yang biasanya dipake sebagai jamu. Minuman ini dibuat dari rempah-rempah seperti kayu manis, bubuk merica, pandan, cengkeh, dan lengkuas yang disiram dengan kuah santan, gula jawa, dan jahe.

BACA JUGA:12 Kuliner Semarang yang Wajib Kamu Cicipi. Rasanya Bikin Mau Lagi

Adon coro punya rasa yang unik dengan berbagai rempah yang bisa bikin badan jadi hangat, cocok buat dinikmati pas cuaca dingin. Biasanya dijual di warung dan pasar tradisional dengan harga mulai dari Rp10.000,-.

3. Moto Belong

Makanan ini namanya moto belong karena bentuknya mirip mata dengan bagian tengah yang lonjong banget.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: