Intip Keseruan Berwisata di Museum Kereta Api Ambarawa, Simak Inilah 5 Fasilitas yang Menarik!

Intip Keseruan Berwisata di Museum Kereta Api Ambarawa, Simak Inilah 5 Fasilitas yang Menarik!

Museum Kereta Api Ambarawa Semarang-Tripadvisor-

DISWAYJATENG - Semarang, destinasi wisata yang tak pernah kehabisan daya tarik. Tapi, tahukah kamu kalau di tengah gemerlapnya kota ini terdapat Museum Kereta Api Ambarawa yang punya cerita dan pesona sendiri? Yuk, kita bahas semua serunya tempat wisata unik ini!

 

Sejarah yang Menyeluruh

 

Museum Kereta Api Indonesia, atau lebih dikenal sebagai Museum Kereta Api Ambarawa, memulai kisahnya pada 21 Mei 1873. Awalnya, bangunan ini diberi nama Stasiun Willem I dan berperan sebagai pusat pengangkutan komoditas ekspor dan transportasi militer di Jawa Tengah.

Setelah dinonaktifkan pada tahun 1976, Gubernur Jawa Tengah, Soepardjo Rustam, mengubah stasiun ini menjadi Museum Kereta Api. Kini, bangunan bersejarah ini bukan hanya menyimpan memorabilia, tapi juga membuka pintunya sebagai tempat wisata yang menarik.

BACA JUGA:Intip 6 Fakta Sejarah Titik Nol Kilometer Yogyakarta: Pusat Keseimbangan Sejarah dan Kehidupan Kota

 

Informasi Penting untuk Wisatawan

Lokasi, Jam Operasional, dan Harga Tiket

Lokasi: Jalan Stasiun Nomor 1, Panjang Kidul, Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614.

Jam Operasional: Setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk:

 

Dewasa dan Mahasiswa: Rp20 ribu.

 

Anak-anak (3-12 tahun) dan Pelajar: Rp10 ribu.

 

Wisatawan Mancanegara: Rp30 ribu

Tarif Naik Kereta Wisata Ambarawa-Tuntang PP: Rp100 ribu per orang.

 

Rute Menuju Museum:

 

Keluar pintu tol Bawen dan ikuti petunjuk menuju Terminal Bawen. Belok kiri di Tugu Palagan Ambarawa dan ikuti jalan hingga sampai di Museum Kereta Api Ambarawa.

 

Aktivitas Menarik:

Kereta Wisata Ambarawa-Tuntang PP: Melintasi jalur kereta nonaktif dengan pemandangan sawah, gunung, dan perbukitan.

BACA JUGA:Siap-Siap Liburan di Yogyakarta Yuk, Simak Inilah Keindahan, Fasilitas dan Mitos Pantai Indrayanti!

 

Eksplorasi Museum: Lihat foto-foto Stasiun Ambarawa zaman dulu, nikmati koleksi lokomotif, dan jelajahi pameran teknologi perkeretaapian.

Fasilitas di Museum:

 

Menikmati Fasilitas Seru di Museum Kereta Api Ambarawa. Kalau kamu pernah mikir museum itu cuma tempat baca-baca tentang sejarah yang bikin ngantuk, Museum Kereta Api Ambarawa nih buktinya sebaliknya!

Tempat ini bener-bener punya fasilitas seru yang bakal buat liburanmu makin istimewa. Yuk, kita intip apa aja yang bisa kamu nikmati di sini.

1. Naik Kereta Wisata yang Gak Biasa

Persis kayak balik ke masa lalu, di sini kamu bisa naik kereta wisata Ambarawa-Tuntang PP. Gak cuma biasa-biasa, keretanya pakai lokomotif diesel vintage dan tiga kereta penumpang dari kayu.

BACA JUGA:Kampung Sayidan: Jejak Arab, Musik Shaggydog, dan Pesona Tersembunyi di Yogyakarta

Setiap Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, kamu bisa merasakan sensasi unik melintasi jalur kereta nonaktif. Tiketnya cuma Rp100 ribu per orang, dari anak usia tiga tahun sampe dewasa.

2. Eksplorasi Museum yang Keren

Kalau udah di dalam museum, jangan cuma berdiri doang. Liat foto-foto zaman dulu di dinding luar, kepoin lokomotif yang pernah beroperasi di masa penjajahan, dan jangan lupa foto-foto di sekitarnya.

Museumnya sendiri juga terawat banget, ada pameran teknologi perkeretaapian yang bakal bikin otakmu kecemplung dalam dunia kereta api.

3. Fasilitas yang Nyaman Buat Pengunjung

Jangan khawatir soal fasilitas, di sini udah diatur sedemikian rupa buat kenyamananmu. Ada tempat parkir yang luas buat kendaraan, toilet yang bersih dan nyaman, musala buat yang butuh tempat beribadah, dan jalur khusus buat pengguna kursi roda. Makin nyaman lah liburanmu!

4. Ruang Audio Visual Buat Edukasi Seru

Gak hanya melihat, kamu juga bisa dengerin dan lihat lebih banyak tentang sejarah kereta api di ruang audio visual. Jadi, sambil santai, kamu bisa menikmati lebih banyak informasi tanpa perlu baca-baca panjang.

5. Kereta Pustaka

Khusus buat yang suka baca, ada kereta pustaka lho di dalam kompleks museum. Jadi, selain melihat-lihat, kamu juga bisa menikmati buku-buku menarik seputar kereta api.

Jadi, kalau lagi bingung mau liburan di mana, Museum Kereta Api Ambarawa bisa jadi pilihan yang asyik. Fasilitasnya lengkap, suasana sejarahnya kental, dan pastinya bakal jadi pengalaman liburan yang nggak biasa.

Jadi, siap-siap ajak teman atau keluarga buat seru-seruan di Museum Kereta Api Ambarawa! Tempat parkir luas, toilet, musala, jalur khusus pengguna kursi roda, ruang audio visual, dan kereta pustaka.

 

Tips Berkunjung:

 

Pastikan sudah divaksin Covid-19 minimal dosis kedua.

 

Selalu kenakan masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: