8 Manfaat Timun Bagi Kesehatan Mata, Bisa Mencegah Terjadinya Katarak

8 Manfaat Timun Bagi Kesehatan Mata, Bisa Mencegah Terjadinya Katarak

Manfaat timun bagi kesehatan-Tangkapan layar Bola.com-

BACA JUGA:Merasa Dianaktirikan, Ratusan Tenaga Kesehatan di Kabupaten Tegal Gelar Demonstrasi

4. Antioksidan Tinggi

Timun kaya akan antioksidan, terutama beta-karoten, flavonoid, dan tannin. Antioksidan ini mempunyai peran penting dalam melindungi mata dari kerusakan radikal bebas yang bisa menyebabkan degenerasi makula dan katarak.

5. Mengurangi Dark Circle

Dark circle di sekitar mata seringkali disebabkan oleh pembengkakan dan penumpukan cairan. Timun bisa membantu mengurangi dark circle dengan cara mengurangi pembengkakan dan memberikan efek pendinginan.

6. Pencegahan Katarak

Katarak adalah masalah mata umum yang sering terjadi seiring bertambahnya usia. Kandungan antioksidan dalam timun bisa membantu melindungi lensa mata dari kerusakan oksidatif, yang bisa membantu mencegah perkembangan katarak.

7. Mengandung Lutein dan Zeaxanthin

Timun mengandung lutein dan zeaxanthin, dua pigmen karotenoid yang diketahui melindungi mata dari sinar UV dan membantu mencegah degenerasi makula terkait usia.

8. Hidrasi Mata

Timun mempunyai kandungan air yang tinggi, sekitar 95%. Konsumsi timun bisa membantu menjaga hidrasi mata, yang penting untuk kenyamanan dan kesehatan mata secara keseluruhan. Hidrasi yang cukup bisa membantu mengurangi kekeringan mata dan iritasi.

BACA JUGA:Dinas Kesehatan Tegal Terima Penghargaan Kabupaten/Kota Terbaik dalam Pelaksanaan Program TBC Tahun 2023

BACA JUGA:Bupati Pemalang Mansur Hidayat Sambut Baik Adanya Beasiswa Pendidikan Kesehatan

Kesimpulan 

Makanlah timun untuk menjaga kesehatan mata Anda. Dengan berbagai manfaat timun, maka tidak hanya memberikan kelezatan pada hidangan, namun juga memberikan kontribusi positif pada kesehatan mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: