Keren! Pemkab Pemalang Adakan Pameran Inovasi Pelayanan Publik

Keren! Pemkab Pemalang Adakan Pameran Inovasi Pelayanan Publik

PERSIAPAN - Sejumlah petugas sedang mempersiapkan stan pameran.Foto: Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Pemerintahan Kabupaten PEMALANG melalui Bagian Organisasi Setda menggelar pameran inovasi pelayanan publik. Pameran tersebut sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat melalui inovasi layanan publik.

Ketua Panitia Assisten III Supa'at melalui Sub Koordinator Pelayanan Publik dan Tata Laksanakan Bagian Organisasi Gunardi mengatakan, pameran diikuti sebanyak 43 pelayanan publik. yang merupakan program kerja sama Pemerintah Kabupaten Pemalang dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI. Yaitu melalui program Laboratorium Inovasi yang dilakukan tahun 2021 sampai 2026.

BACA JUGA:Tampilkan Kesenian dan Kebutuhan Dalam Setiap Kegiatan di Kabupaten Pemalang

Adapun waktunya pelaksanaannya selama satu hari yaitu tanggal 14 November 2024 di GOR Kridanggo.

Menurutnya, pameran ini dari rangkaian pelaksanaan program sebelumnya. Yaitu  melalui program laboratorium inovasi (Labinov) dengan beberapa tahapan. Untuk tahapan pertama, membangun kesadaran bagi perangkat daerah untuk berinovasi dalam bidang pelayanan publik.

BACA JUGA:Cakep! Siswi SMK Negeri 2 Kota Tegal Juara I Tilawah MTQ

Setelah itu perangkat daerah mendesain inovasi sesuai dengan kebutuhan untuk mengatasi permasalahan di unit kerjanya masing-masing. Setelah itu tahapan delivery yaitu melaksanakan inovasi yang di monitor oleh Tim Asistensi LAN. apakah inovasi itu berjalan dengan baik apa tidak dan sudah menghasilkan output apa belum.

"Maka jika sudah menghasilkan output  masuk ketahap display atau pameran.  Jadi pameran ini kegiatan untuk menunjukkan  inovasi dan pemanfaatannya kepada masyarakat,"ujarnya.

BACA JUGA:SMK Harber Kota Tegal Raih Juara III Tingkat Kota Tegal

Dijelaskannya, tujuan pameran inovasi pelayanan publik ini adalah mewujudkan one agency one inovation. Yaitu satu instansi minimal menghasilkan satu inovasi layanan publik dalam setahun. Selain itu untuk peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat. Serta mengakselerasi pelayanan publik agar menjadikan pelayanan prima di Kabupaten Pemalang.

BACA JUGA:Anggota DPRD Kabupaten Pemalang Dorong Istri Dokter Bantu Tugas Suami

Semula ada 105 inovasi yang dihasilkan dari program Labinov.  Jumlah tersebut bisa ditunjukkan kepada masyarakat atau dipamerkan baru ada 43 inovasi. Adapun sisanya  dimungkinkan akan dipamerkan pada program berikutnya atau di tahun 2024. Untuk memeriahkan kegiatan pameran ini juga  melibatkan UMKM, bursa kerja dan edukasi tentang pengolahan sampah.

BACA JUGA:Masih Ingat dengan Hp Gahar Poco M3 Pro 5G? Cek Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbarunya di 2023

Inovasi pelayanan publik yang dipanggil diantaranya IInova Si Otar dari RSUD, Tarjin mengantarkan perizinan, Simpenrusa dari Disperkim yaitu sistem pendaftaran rusunawa. Banyaknya inovasi yang dipamerkan ada yang sangat menonjol yaitu Si Bolang Mahir Plus Plus  dari Puskesmas Rowosari, Gelang anting mengecek kondisi bayi dengan menggunakan aplikasi dan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: