7 Makanan Khas Jepara, Pemburu Kuliner Wajib Cicipi Ketika Berkunjung ke Kota Ukir Ini!

7 Makanan Khas Jepara, Pemburu Kuliner Wajib Cicipi Ketika Berkunjung ke Kota Ukir Ini!

makanan khas jepara blenyik-tangkapan layar instagram @foodfaircl-

4. Moto Belong

Moto belong ini memiliki harga Rp5.000 dan dapat ditemui di pasar tradisional, makanan ini merupakan olahan dari singkong yang diparut, lalu dibentuk bundar, serta diberi pisang pada bagian tengahnya.

Moto belong adalah adalah makanan khas jepara yang memiliki cita rasa enak, dinamakan moto belong karena memiliki bentuk seperti mata yang sedang melotot.

5. Opor Panggang

Opor panggang dibanderol dengan harga Rp15.000 per porsi, biasanya di daerah lain memiliki opor sayur namun di jepara memiliki makanan yang unik yakni opor panggang. 

Opor panggang menggunakan daging ayam dibumbui dengan bawang, santan, dan daun jeruk. Prosesnya pemasakannya yaitu dagingnya dimasak dahulu dengan cara dipanggang.

Biasanya kuliner ini disajikan lengkap dengan ketupat ataupun lontong, makanan khas jepara ini wajib kamu cicipi karena hanya ada di jepara yang memiliki opor panggang dengan cita rasa yang lezat.

6. Kuluban

Kuluban ini memiliki harga Rp5.000 per porsinya, makanan khas jepara ini dapat ditemui di pasar tradisional.

Kuluban atau nama lainnya kluban, makanan ini merupakan perpaduan antara kangkung, daun singkong, labu siam, sawi, kacang panjang, serta tauge. Lalu dicampur dengan parutan kelapa yang telah dibumbui, bumbu kelapa tersebut antara lain kelapa, terasi, cabai, dan gula.

Kluban memiliki cita rasa yang lengkap, kuliner ini wajib kamu coba ketika berkunjung ke jepara.

7. Adon-Adon Coro

Adon-adon coro dibanderol dengan harga Rp10.000 dan dapat ditemui di pasar tradisional. Adon-adon coro merupakan minuman rempah dari jepara yang memiliki khasiat macamnya jamu, minuman ini dipercaya bisa membuat badan hangat dan cocok dinikmati saat cuaca dingin.

Rempah yang digunakan antara lain bubuk merica, pandan, cengkeh, dan lengkuas yang disiram dengan kuah santan, gula jawa, jahe, serta kayu manis.

BACA JUGA:5 Wisata Pantai di Jepara dengan Keindahan yang Memukau, Nomor 3 Surganya Para Snorkeling

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: