Keren! BPBD Kabupaten Tegal Gembleng Relawan PB Berlatih Pertolongan di Ketinggian

Keren! BPBD Kabupaten Tegal Gembleng Relawan PB Berlatih Pertolongan di Ketinggian

BPBD Kabupaten Tegal latih relawan di ketinggian-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

 SLAWI, DISWAY JATENG ‐ Upaya meningkatkan kecakapan terhadap Relawan Penanggulanan Bencana (PB)  ditempuh BPBD Kabupaten Tegal dengan menggelar latihan rutin 'High Angle Rescue Techique' atau pertolongan di ketinggian.

Sedikitnya 12 Satgas BPBD dan 47  Relawan PB dari masing - masing posko relawan PB se Kabupaten Tegal, dilibatgkan dalam latihan rutin, yang kali ini dipusatkan di kawasan hutan Pinus Batunyana Kecamatan Bojong.

BACA JUGA:Dinas Perintransnaker Perkuat Akses Bahan Baku Logam

Kalak BPBD Elliya Hidayah SIP MM  menyatakan bahwa  kegiatan rutin latihan ini dimaksudkan untuk  merefresh materi yang sudah di miliki masing-masing anggota Satgas.

"Dan dari kegiatan ini juga sebagai media untuk menularkan materi tersebut kepada relawan binaan BPBD," ujarnya Selasa 7 November 2023.

Ditegaskan materi ' hart' seperti ini harus terus dilatih secara berkala. Sehingga relawan akan terlatih, dan siap melakukan pertolongan.

"Kami akan support untuk kegiatan penguatan kapasitas bagi anggota Satgas dan relawan. Hal ini sebagai salah satu bukti upaya kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Tegal, dalam menghadapi kebencanaan," cetusnya.

BACA JUGA:Bareng Relawan, BPBD Cari Solusi Gundulnya Hutan Lindung Sawangan

Ditegaskan bahwa relawan  menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari upaya penanggulangan bencana (PB) khususnya di Kabupaten Tegal

"Bahkan relawan merupakan ujung tombak dalam penanggulangan bencana, khususnya pada saat darurat bencana. Relawan atau sukarelawan adalah orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela atau atas kehendak sendiri. Relawan PB bekerja tanpa pamrih atas dasar persaudaraan kepada masyarakat yang kena musibah," ungkapnya.

BACA JUGA:Jelang Musim Hujan, BPBD Kabupaten Tegal Petakan Kawasan Rawan Banjir

Elliya menegaskan bahwa  relawan penanggulangan bencana (PB) merupakan modal sosial dan asset yang sangat berharga. 

BACA JUGA:Keren! BPBD Kabupaten Tegal Stimulus Anak Usia Dini Tanggap Bencana

"High Angle Rescue atau juga disebut dengan istilah lainnya yaitu Vertical Rescue adalah tindakan penyelamatan kepada korban yang berada di daerah yang tinggi seperti tebing, menara, gedung atau bangunan yang tinggi. Resiko yang nyata bagi seorang vertical rescuer di medan seperti ini adalah terjatuh. Untuk itu kemampuan dan keberaniannya berada di daerah yang tinggi merupakan suatu kebutuhan yang penting dikuasai oleh relawan PB," tegasnya. (ADV) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: