Keren! Kontingen Jambore LKSA Kabupaten Tegal Rebut Tiga Piala

Keren! Kontingen Jambore LKSA Kabupaten Tegal Rebut  Tiga Piala

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal saat melepas kontingen Jambore Kebudayaan Forum Wilayah LKSA tingkat Jawa Tengah.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG - Kontingen Jambore Kebudayaan Forum Wilayah Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Kabupaten Tegal berhasil meraih tiga piala diajang  Jambore Kebudayaan Forum Wilayah LKSA Jateng 2023. 

Kegiatan jambore yang dilangsungkan di Balkondes ( Balai Ekonomi Desa) Wringin Putih Borobudur Magelang selama 3 hari tersebut, kontingen Forum Wilayah LKSA Kabupaten Tegal  mengirim 22 anak dari 21 LKSA yang ada di Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Bareng Relawan, BPBD Cari Solusi Gundulnya Hutan Lindung Sawangan

Kepala Dinas Sosial Iwan Kurniawan didampingi, Kabid Pemberdayaan Sosial dan Kepahlawanan, Joko Priono menyatakan kegiatan ini diikuti  ratusan anak  panti asuhan se Jawa Tengah.

"Kontingen Kabupaten Tegal meraih tiga juara  dan berhak atas tiga piala. Juara didapat dari nomor Wide Game meraih juara III,  juara harapan I untuk kontingen tergiat, dan juara harapan II nomor pertendaan," ujarnya Senin 6 November 2023.

Ditegaskan bahwa anak  merupakan aset utama dalam menyiapkan generasi penerus bangsa. Tumbuh kembang anak sejak dini adalah tanggung jawab keluarga, masyarakat dan negara.

BACA JUGA:Pelajar SMP di Tegal Sulap Sampah Jadi Meja dan Kursi, DPRD Acungi Jempol

Namun, dalam proses tumbuh kembang anak banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor. Baik biologis, psikis, sosial, ekonomi maupun kultural yang membuat hak-hak anak tidak terpenuhi.

"Perjalanan hidup seorang anak tidak selamanya mulus. Beberapa anak di antaranya dihadapkan pada pilihan yang sulit, harus berpisah dari keluarga karena suatu alasan, menjadi yatim, piatu atau yatim-piatu bahkan mungkin menjadi anak terlantar," cetusnya.

Pendidikan adalah sarana utama yang dibutuhkan untuk mengembangkan kehidupan manusia. Maka pendidikan menjadi sangat penting. Boleh dikatakan pendidikan merupakan kunci dari segala bentuk kemajuan hidup umat manusia sepanjang sejarah.

BACA JUGA:FASI ke 12 Berlangsung Sukses, Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal Mengapresiasi

Untuk itu, upaya-upaya penanganan terhadap anak dapat diimplementasikan dalam bentuk pelayanan sosial, sebagai suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh LKSA.

Dengan tujuan, membantu anak-anak yang mengalami kesulitan baik perorangan, kelompok atau masyarakat agar tercapai kehidupan yang sejahtera.

"Jambore Kebudayaan Forum Wilayah Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak - Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Hak Anak khususnya Hak Partisipasi," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: