Bikin Bangga, Jateng Juara I Pembinaan Penyelenggaraan Jasa Konstruksi Tingkat Provinsi 2023

Bikin Bangga, Jateng Juara I Pembinaan Penyelenggaraan Jasa Konstruksi Tingkat Provinsi 2023

PENGHARGAAN -Pemprov Jateng meraih penghargaan tingkat nasional.Foto:Istimewa--

DISWAYJATENG, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya (DPU BMCK), kembali menyabet Peringkat I Organisasi Perangkat Daerah yang Membidangi Suburusan jateng.disway.id/listtag/42290/jasa">Jasa Konstruksi Tingkat Provinsi Terbaik. Titel itu menjadi yang kedua setelah pada 2022 meraih posisi yang sama, dalam ajang Penghargaan Konstruksi Indonesia. 

Penghargaan diserahkan Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono, kepada Kepala DPU BMCK Jateng AR Hanung Triyono, Jumat (3/11/2023) malam.

BACA JUGA:Keren! PIK Remaja SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Raih Juara III Nasional

Menurut Hanung, apresiasi dua tahun berturut-turut diberikan karena Jateng dinilai terbaik dalam pembinaan penyelenggaraan jasa konstruksi di tingkat provinsi. Hal itu menjadi pelecut agar pemprov terus melayani pelaku jasa konstruksi di provinsi ini, melalui pembinaan dan pengawasan jasa konstruksi. Sehingga, pembangunan konstruksi yang berkualitas prima, dapat dirasakan oleh masyarakat.

"Ini membanggakan teman-teman, karena bisa semakin meningkatkan kerja keras mereka, dan pengabdian pada negara. Juga pengabdian kami terhadap jasa konstruksi di Jawa Tengah. Terima kasih kerja kerasnya," imbuhnya, saat dikonfirmasi Sabtu (4/11). 

BACA JUGA:Polres Tegal Bentuk Satgasres Preventif Operasi Mantap Brata Candi

Hanung mengatakan, tidak hanya mendapat plakat dan sertifikat, pihak Kemen PUPR juga memberikan hadiah program penyertifikatan bagi 500 tenaga ahli konstruksi, serta program pengelolaan jalan sebesar Rp10 miliar.

"Dengan penghargaan ini kita mendapat hadiah (kuota) 500 sertifikasi fresh graduate tenaga ahli, dan program penanganan jalan senilai Rp 10 miliar, untuk jalan provinsi," ujarnya.

Seperti diketahui, Pemprov Jateng berkomitmen membangun konstruksi berkualitas bagi warganya. Penggunaan produk dalam negeri pun dimaksimalkan untuk berbagai pembangunan konstruksi, seperti aspal buton. 

BACA JUGA:Felda-Tyan Nahkoda Baru OSIS SMK Negeri 2 Kota Tegal

Hal serupa diungkapkan Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono. Dia mendorong penggunaan produk dalam negeri untuk pembangunan infrastruktur. Dia mencontohkan, pembangunan Istana Presiden di IKN yang 100 persen interiornya dari produk dalam negeri.

"TKDN is a must. Kalau kita belum bisa produksi sendiri, minimal pabrik untuk assembly atau perakitannya ada di Indonesia. Harus kita dorong, sehingga dapat membuka lapangan kerja juga bagi kita," katanya. 

BACA JUGA:Alami Kenaikan, Anggaran Dipa Polres Tegal Capai Rp77 Miliar

Ditambahkan, TKDN atau Tingkat Komponen Dalam Negeri adalah persentase buatan dalam negeri dalam suatu produk. Pemerintah terus mendorong optimalisasi TKDN, termasuk dalam pembangunan berbagai proyek infrastruktur di tanah air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: