Felda-Tyan Nahkoda Baru OSIS SMK Negeri 2 Kota Tegal

Felda-Tyan Nahkoda Baru OSIS SMK Negeri 2 Kota Tegal

PILKETOS - SMK Negeri 2 Kota Tegal menyelenggarakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2023/2024.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Felda Aurellia Azarin dan Tyan Fahrezi terpilih sebagai ketua dan wakil ketua OSIS SMK Negeri 2 Kota TEGAL setelah meraih suara terbanyak dalam Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Pilketos) yang diselenggarakan Jumat lalu. Mereka menjadi nahkoda baru kepengurusan OSIS SMK Negeri 2 Kota TEGAL untuk Periode 2023/2024.

Kepala SMK Negeri 2 Kota Tegal Mas Rudianto SPd menyampaikan, Pilketos SMK Negeri 2 Tegal Periode 2023/2024 diselenggarakan untuk memberikan pendidikan demokrasi melalui Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Suara Demokrasi. Karena itu, dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh warga sekolah. 

BACA JUGA:Alami Kenaikan, Anggaran Dipa Polres Tegal Capai Rp77 Miliar

Pembina OSIS Abdul Wahab SKom yang juga Panitia Pemungutan Suara (PPS) SMK Negeri 2 Kota Tegal mengatakan, tahapan Pilketos dimulai dari pendaftaran calon ketua dan wakil ketua OSIS yang berasal dari peserta didik Kelas XI, seleksi tertulis, dan wawancara. Mereka yang dinyatakan lolos adalah yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan. 

BACA JUGA:Terkait Pemilu 2024, Begini Respon MUI Kabupaten Tegal

"Para calon kandidat berlaga layaknya para calon pemimpin bangsa," ujar Wahab.

Kandidat diberi kesempatan berkampanye, menyampaikan visi dan misi untuk menjelaskan program kerja yang akan dilakukan, hingga pemungutan serta perhitungan suara. Proses pemilihan dilakukan menggunakan sistem offline, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Perolehan suara dapat dilihat pada hari itu juga.

BACA JUGA:Kasihan! Warga Bantaran Sungai di Belakang Trasa Kabupaten Tegal Butuh Relokasi

Pembina OSIS dan panitia pelaksana memastikan proses demokrasi di sekolah dilakukan jujur dan adil. Dari proses pemungutan suara tersebut terpilihlah Felda Aurellia Azarin sebagai ketua OSIS dan Tyan Fahrezi sebagai wakil ketua OSIS.

Sebanyak 30 pengurus OSIS yang terpilih selanjutnya akan dilantik pada Senin (13/11). Setelah itu mereka mengikuti serangkaian kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: