Tagana Dinsos Kabupaten Tegal Bakal Digembleng Layanan Dukungan Psikososial

Tagana Dinsos Kabupaten Tegal Bakal Digembleng Layanan Dukungan Psikososial

Tagana Dinas Sosial terus diasah skill dan kemampuannya dalam penanganan korban bencana.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG - Skuad Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang merupakan  relawan sosial  atau tenaga kesejahteraan sosial dibawah binaan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tegal, bakal dilibatkan dalam pelatihan Bimbingan Teknis Layanan Dukungan Psikososial (LDP) bagi korban bencana.

Kepala Dinas Sosial Iwan Kurniawan, melalui Kabid Limjamsos dan Kebencanaan, Nur Ariful Hakim menyatakan bahwa saat ini anggota Tagana yang dimiliki mencapai 26 orang.

BACA JUGA:Disperintrasnaker Kabupaten Tegal Susun Dokumen Rencana Tenaga Kerja Daerah

"Dalam upaya penanggulangan bencana, ketangguhan pada level individu atau komunitas menjadi perhatian utama. Program  LDP ini  memiliki tujuan untuk membangun, meningkatkan dan mengelola ketangguhan (resiliensi) individu dan komunitas. LDP merupakan layanan sosial dasar kepada korban bencana yang menghadapi gangguan agar dapat keluar dari trauma," ujarnya Jumat 3 November 2023.

Dia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas SDM perlindungan sosial bagi anggota Tagana Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Persediaan Logistik Bencana BPBD Kabupaten Tegal Minim, Tunggu Bantuan dari BPBD Provinsi

"Selebihnya dari kegiatan ini nantinya bisa memberikan dukungan psikososial bagi para relawan mengatasi masalah psikososial yang muncul akibat situasi yang dihadapi. Serta membantu individu, keluarga dan masyarakat agar tangguh dalam berdaya kembali," cetusnya

Ditegaskan melalui giat pelatihan ini nantinya juga diharapkan dapat memperkuat penanganan korban pascabencana dengan meningkatkan kemampuan petugas layanan psikososial Tagana. 

"Petugas tersebut penting dalam membantu pemulihan kondisi psikologi korban yang mengalami trauma atau depresi. Layanan psikososial ditujukan kepada korban bencana yang mengalami trauma dan depresi," ungkapnya. 

BACA JUGA:Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Himbau Petani Ternak Kenali Sejak Dini Cir-ciri Hewan yang Terserang PMK

Hakim mengungkapkan bahwa, tupoksi petugas layanan psikososial adalah mengembalikan individu atau keluarga atau kelompok pasca kejadian tertentu (bencana alam ataupun bencana sosial). Untuk itu, Dinsos memberikan penguatan kemampuan dengan pelatihan-pelatihan.

BACA JUGA:Dinsos Kabupaten Tegal Gelontorkan Ratusan Juta untuk BPJS Pekerja Rentan

"Tim yang tergabung dalam Tagana ini juga dilatih menggunakan instrument kaji cepat, Activity Daily Living Mapping, tools berupa body mapping, cerita dan menggambar pada anak dan Intervensi individu dan kelompok," tegasnya. (ADV) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: