Persediaan Logistik Bencana BPBD Kabupaten Tegal Minim, Tunggu Bantuan dari BPBD Provinsi

Persediaan Logistik Bencana BPBD Kabupaten Tegal Minim, Tunggu Bantuan dari BPBD Provinsi

Kasubid PEP BPBD Kabupaten Tegal mengecek ketersediaan logistik permakanan di dalam gudang, kemarin.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG -  Ketersediaan logistik bagi korban bencana yang saat ini tersedia di gudang BPBD Kabupaten Tegal sangat menipis. Upaya mendata ketersediaan logistik dan mengajukan bantuan ke BPBD Provinsi Jawa Tengah, kini telah dilakukan.

Kalak BPBD Kabupaten Tegal, Elliya Hidayah melalui Kasubid Penyelamatan, Evakuasi dan Pengamanan Pengungsi, Johanto menegaskan bahwa ketersediaan logistik permakanan kini hanya menyisakan air mineral, beras, gula, minyak, dan kecap. 

BACA JUGA:48 Hektare Hutan Lindung di Kabupaten Tegal Rusak, BPBD Lakukan Ini

" umlahnya pun cenderung menipis. Dikhawatirjkan bila terjadi bencana luar biasa disaat musim peghujan tiba, logistrik tersebut tidak mencukupi.Upaya pengajuan  bantuan ke BPBD Provinsi Jawa Tengah sedang kami lakukan, terkait kebutuhan logistik antisipasi puncak musim penghujan," ujarnya Jumat 3 November 2023.

Johanto menyebut, selain logistik makanan, digudang saat ini juga tersedia logistik non makanan, seperti selimut, paket sekolah,  perangkat bayi, handuk , dan kelambu untuk mengantisipasi bencana daerah selatan. 

BACA JUGA:Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Himbau Petani Ternak Kenali Sejak Dini Cir-ciri Hewan yang Terserang PMK

"Termasuk boks perlengkapan makan dan permainan anak. Untuk makanan siap saji kami berkolaburasi dengan Dinsos yang memiliki mobil dapur umum yang siap didorong ke lokasi bencana," cetusnya.

Pihaknya menegaksan, akan melakukan upaya jemput bola ke BPBD Provinsi Jawa Tengah, bila nantinya kondisi mendesak dan belum ada realisasi pemberian bantuan paska upaya mengajukan bantuan yang saat ini tengah dilakukan. 

"Digudang BPBD juga telah menyiapkan bahan-bahan material, bantuan untuk mendukung pemberian bantuan bagi rumah warga yang mengalami kerusakan akibat bencana," ungkapnya.

Menurutnya pihaknya fokus pada pelaksanaan persiapan penetapan status keadaan darurta bencana, dan melaksanakan koordinasi, serta pengerahan sumber daya dalam penyelamatan dan evakusi masyarakat korban bencana. 

BACA JUGA:Jelang Musim Hujan, BPBD Kabupaten Tegal Petakan Kawasan Rawan Banjir

"Termasuk didalamnya pelaksanaan inventarisasi dan identifikasi cakupan lokasi dan jumlah korban bencana dan pengkajian secara cepat dan tepat terhadap lokasi, kerusakan dan kerugian terjadinya bencana," tegasnya. (ADV) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: