Cegah Perundungan dan Kekerasan, 126 Siswa SDN Bulakwaru 01 Ikuti Perjusa

Cegah Perundungan dan Kekerasan, 126 Siswa SDN Bulakwaru 01 Ikuti Perjusa

Warga SDN Bulakwaru 01 bersemangat ikuti kegiatan Perjusa-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG Sebanyak 126 Siswa SDN Bulakwaru 01 Kecamatan Tarub mengikuti Perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusa), yang memiliki tujuan mengembangkan karakter, keterampilan, dan nilai-nilaipositif pada siswa di usia dini.

Pelaksanaan Perjusa juga mencegah perundungan atau kekerasan antar warga sekolah di SDN Bulakwaru 01.

Mabigus sekaligus kepala SDN Bulakwaru 01 Ali Rosidi melalui Pembina Ekskul Pramuka Uci, Danu, Rizki, dan Komar menyatakan, salah satu kegiatan ekstrakurikuler di SDN Bulakwaru 01 Kecamatan Tarub adalah Pramuka. Dimana pramuka merupakan ekstrakulikuler  wajib  yang diikuti siswa.

BACA JUGA:Keren! Warga SMPN 2 Suradadi Gelar Latihan Gabungan Pramuka

“Perjusa merupakan agenda tahunan di sekolah, yang berdiri ditengah-tengah padatnya penduduk terserbut.  Sediktinya 126 siswa dilibatkan dalam kegiatan ini, yang terdiri dari siswa kelas 5 dan 6," ujarnya Senin 30 Oktober 2023.

Dijelaskan, selain sebagai agenda tahunan, tujuan diadakannya Perjusa untuk mengembangkan karakter, keterampilan, dan nilai-nilaipositif pada siswa di usia dini,  juga mencegah perundungan atau kekerasan antar warga sekolah di SDN Bulakwaru 01. 

"Diharapkan melalui kegiatan Perjusa siswa terhindar dari aksi kekerasan, pembullyan baik antar guru, siswa, ataupun antar guru dan siswa," cetusnya.

BACA JUGA:Mantap! Dikbud Kabupaten Tegal Gelar Bimtek Pembekalan Calon Kepala Sekolah

Pihaknya menyatakan kegiatan Perjusan kali ini diisi dengan perkemahan mini. Dimana peserta melakukan kegiatan perkemahan mini dihalaman sekolah. Mereka belajar tentang pengaturan tenda, penggunaan kompas, memasak di alam terbuka, hingga pengenalan alam.

"Selanjutnya ada pendalaman kepemimpinan, yang bertujuan untuk mengmebangkan ketrampilan kepemimpinan. Disini siswa diajarkan tentang tanggung jawab, komunikasi, dan kerja tim," ungkapnya.

Selebihnya ada pembelajaran alam yang berisikan kegiatan alam terbuka, menjelajahi sawah dan lingkungan di Desa Bulakwaru, dan aktifitas seni serta kerajinan. Disini siswa membuat hasta karya dari bahan alam yang mereka dapat saat penjelajahan alam.

BACA JUGA:Mantap! Delegasi Kalifah Dikbud Kabupaten Tegal Rebut Juara MAPSI Provinsi

Kegiatan dilanjut dengan bakti sosial, olahraga, dan sholat berjamaah.” pungkasnya. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: