Kementerian PPN Bappenas Kunjungi LIK Takaru Kabupaten Tegal

Kementerian PPN Bappenas Kunjungi LIK Takaru Kabupaten Tegal

BERKUNJUNG - Tim Kajian Staf Menteri Bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infastruktur Kementerian PPN/ Bappenas kunjungi LIK Takaru.Foto: Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Dalam rangka pelaksanaan kegiatan pengembangan konsep industrialisasi perdesaan pada tahun 2023-2024. Tim kajian dari staf ahli Menteri Bidang Permbangunan Sektor Unggulan dan Infastrustur, Kementerian PPN/ Bappenas  melakukan kunjungan ke Lingkungan Industri Kecil (LIK ) Takaru di Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas Perindustrian Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Perintransnaker) Kabupaten Tegal Riesky Trisbiyantoro menyatakan, kunjungan  tersebut untuk memperkaya pemahaman tentang industrialisasi perdesaan yang sudah berkembang. Hal ini menarik pembelajaran untuk penyusunan konsep industrialisasi perdesaan di masa yang akan datang. 

BACA JUGA:Cekep! Atlet Pencak Silat SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Borong Medali

“Dimana  proses industrialisasi perdesaan yang di observasi mencakup komoditas atau produk unggulan perdesaan, karakteristik sosial budaya masyarakat. Kapasitas sumber daya manusia, organisasi, dan tata kelola masyarakat, serta proses bisnis yang ada di wilayah perdesaan," ujarnya.

Kunjungan lapangan kali ini adalah tim kajian dari staf ahli Menteri Bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur Kementrian PPN/ Bappenas. Lingkungan Industri Kecil (LIK)  Talang Cempaka Baru (Takaru) merupakan pusat industri kecil dan menengah (IKM).

BACA JUGA:Partai Politik di Kabupaten Pemalang Sepakat Ciptakan Pemilu yang Damai

“Fokus pada produksi komponen otomotif dan logam. Nama Takaru diambil dari nama Desa Talang di Kabupaten Tegal dan Desa Cempaka di Kota Tegal," cetusnya. 

Keduanya mempunyai potensi industri logam kecil dan menengah. LIK Takaru punya peningkatan keterampilan dan kemampuan para pekerja di industri logam.

BACA JUGA:Karang Taruna Nalaguna Desa Cibuyur Kabupaten Pemalang Bantu Air Bersih

“Sehingga meningkatkan  kinerja dan daya saing indsutri yang beroperasi di LIK Takaru secara keseluruhan," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: