Penderita ISPA di Kabupaten Tegal Tinggi, Apa Sebabnya?

Penderita ISPA di Kabupaten Tegal Tinggi, Apa Sebabnya?

WAWANCARA - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Ruzaeni saat diwawancara wartawan.Foto: Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Penderita Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) di wilayah Kabupaten Tegal sangat tinggi. Meski tidak membahayakan bagi tubuh manusia, tapi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal mewanti-wanti kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan.

"Kalau siang memang panas sekali, dan malam dingin. Inilah yang mengakibatkan penderita Ispa tinggi," kata Kepala Dinkes Kabupaten Tegal Ruzaeni.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Gencarkan Layanan Distribusi Bantuan Air Bersih kepada Masyarakat

Dirinya tak menampik, di musim kemarau ini, banyak virus yang menyebar. Sehingga imun tubuh manusia semakin lemah. Untuk mencegah hal itu, Ruzaeni memberikan solusi.

Yaitu, makan sayuran, buah-buahan, olahraga dan istirahat yang cukup. Selain itu, alangkah baiknya jika memakai masker saat keluar rumah.

BACA JUGA:Amankan Pemilu 2024, Polres Tegal Terjunkan 610 Personel

"Itu solusinya agar imun kita tetap kuat, dan kuman tidak bisa masuk ke dalam tubuh kita," ujarnya.

Dia membenarkan jika penderita ISPA di Kabupaten Tegal memang tinggi. Dan itu hampir terjadi di semua daerah. Walau jumlah penderita tinggi, tapi tidak banyak yang dirawat di rumah sakit.

BACA JUGA:Waspada! Status Gunung Slamet Naik Menjadi Waspada

"Kecuali kalau punya penyakit sekunder atau tambahan selain ISPA" ucapnya.

Sementara saat ditanya soal data penderita ISPA, Ruzaeni tidak menjelaskan. Dia hanya berujar, penderita Ispa tidak terhitung dalam data base

BACA JUGA:Investasi Rp 4Triliun di Kabupaten Tegal, Pabrik Gula Butuh Puluhan Ribu Naker

"Datanya memang tidak bisa dihitung. Yang jelas ada peningkatan," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: