Mencegah Bullying, SDN Cabawan 2 Tegal Gandeng Aparat Polsek Sumurpanggang

Mencegah Bullying, SDN Cabawan 2 Tegal Gandeng Aparat Polsek Sumurpanggang

Panit Binmas Polsek Sumurpanggang Sishermedi saat menjadi Pembina Upacara di SD Negeri Cabawan 2 Tegal.--Radar Tegal

DISWAY JATENG - Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cabawan 2 Tegal mengandeng Polsek Sumurpanggang untuk sosialisasi mencegah buliying di sekolah, sebab hal itu penting untuk mengajarkan kebersamaan, etika, dan anti-bullying kepada siswa di sekolah dasar. Supaya mereka dapat tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab, peduli, dan menghindari perilaku bullying.

 

Kepala SD Negeri Cabawan 2 Tegal Erwin Wijiastuti mengatakan ada beberapa nilai dan perilaku yang harus diterapkan di SD Negeri Cabawan 2 Tegal. Diantaranya kebersamaan yaitu ajarkan siswa tentang pentingnya bekerja sama dalam kelompok.

 

BACA JUGA:Mahasiswa KKN UPS Tegal Adakan Sosialisasi Anti-Bullying di SD Negeri 1 dan 2 Gembyang Kabupaten Pemalang

 

Dorong mereka untuk belajar dari satu sama lain dan merasakan kebahagiaan dalam mencapai tujuan bersama baik di sekolah maupun di luar sekolah.

 

Kemudian empati untuk menekankan pada kemampuan untuk memahami perasaan dan perspektif orang lain. Anak-anak harus belajar untuk peduli terhadap teman sebaya mereka dan menawarkan dukungan ketika diperlukan. Selanjutnya etika, kejujuran dalam berbicara tentang pentingnya kejujuran dalam semua aspek kehidupan, termasuk dalam ujian dan pekerjaan rumah.

 

"Tanggung Jawab untuk mengarkan anak-anak untuk bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan mereka. Mereka harus memahami bahwa tindakan mereka memiliki konsekuensi," katanya.

 

Erwin mengungkapkan Rasa Hormat hal itu penting untuk mengajarkan rasa hormat terhadap orang lain, terlepas dari perbedaan apa pun seperti suku, agama, warna kulit, atau latar belakang. Selanjutnya anti-Bullying, Peraturan Sekolah Anti-Bullying untuk memastikan bahwa peraturan sekolah yang jelas dan tegas mengenai perilaku bullying diterapkan, dan sanksi harus sesuai untuk pelanggaran tersebut.

 

Untuk itu pentingnya  pendidikan Bullying untuk mengajarkan siswa tentang apa itu bullying, termasuk jenis-jenisnya seperti fisik, verbal, dan cyberbullying. Berbicaralah tentang dampak negatif yang dapat terjadi akibat bullying.

 

"Ditambah pentingnya melaporkan dan mengajarkan anak-anak bagaimana cara melaporkan insiden bullying kepada guru atau staf sekolah, dan pastikan mereka merasa aman melaporkan tanpa takut mendapatkan hukuman lebih lanjut," terangnya.

 

BACA JUGA:Ini Dia 12 Dampak Psikologi dari Bullying yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Nomor 9 Sangat Berbahaya!

 

Pendidikan Orang Tua dan Komunitas

 

Melibatkan orang tua dalam upaya tersebut, untuk memnerikan mereka informasi tentang nilai-nilai, etika, dan cara mendukung anak-anak mereka dalam menghadapi situasi bullying. Dan bekerja sama dengan komunitas untuk menciptakan lingkungan yang mendukung prinsip-prinsip kebersamaan, etika, dan anti-bullying.

 

Selanjutnya pemberian Contoh untuk guru dan staf SD Cabawan 2 sudah sangat bagus dalam memberikan contoh positif baik perilaku dan komunikasi mereka. Mereka harus menunjukkan etika dan nilai-nilai yang diinginkan. Dan pelatihan Guru untuk memberikan cara mengidentifikasi, mencegah, dan menangani kasus bullying secara efektif.

 

"Akan tetapi saya yakin Guru dan semua staf SD Negeri Cabawan 2 Sudah sangat terlatih dalam menangani kasus bullyng semoga kita semua bisa menjaga anak anak kita dari kasus bullying.

Konsistensi dalam mengajarkan nilai-nilai ini, baik di dalam kelas maupun di luar kelas, akan membantu menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak dengan etika yang baik, kebersamaan, dan kesadaran terhadap pentingnya menghindari perilaku bullying," ujarnya.(mei)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: