Beri Layanan kepada Lansia Sehat dan dengan Risiko Tinggi

Beri Layanan kepada Lansia  Sehat dan dengan Risiko Tinggi

PELAYANAN - Lansia diberikan pelayanan kesehatan.Foto: Siti Maftukhah/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Lansia di Desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang diberikan layanan kesehatan dalam Pos Pelayanan Terpadu. Layanan tersebut, sebagai wadah penanganan kesehatan bagi lansia sehat dan rosiko tinggi (resti) terhadap suatu penyakit.

Dwi Rini Kurniasari, bidan Desa Wanarata mengatakan, kegiatan pos pelayanan  terpadu lanjut usia. Merupakan wadah kegiatan penanganan kesehatan bagi warga lansia di Desa Wanarata. Diperuntukkan baik laki-laki maupun perempuan. 

BACA JUGA:Bagi Sembako untuk Masyarakat Kurang Mampu dalam Rangka HKGB ke-71

"Tujuannya memberikan pelayanan kesehatan bagi lansia yang sehat. Maupun lansia dengan resiko tinggi terhadap suatu penyakit," katanya.

Adapun kegiatan pelayanan kesehatan, sudah tertata dengan baik mulai pengisian daftar hadir, sehingga untuk pendataan cukup jelas. Setelah itu, dilakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan, pemeriksaan tekanan darah atau tensi, dan dilakukan pemeriksaan lanjutan lainnya.

BACA JUGA:Bupati Pemalang Mansur Hidayat Dihadapkan kepada Tugas yang Berat, Kenapa?

Antara lain, pemberian obat apabila diperlukan, penyuluhan untuk memberikan wawasan kesehatan di usia Lanjut serta bentuk pencegahannya," tegas Dwi. 

Sementara itu Kepala Desa Wanarata Elok Rahmawati menyampaikan, kegiatan posyandu lansia sangat dibutuhkan, mengingat jumlah lansia yang ada di Wanarata cukup besar. Ini menandakan adanya peningkatan usia harapan hidup.

BACA JUGA:Daftar 5 Kota Tersepi di Jawa Tengah yang Cocok untuk Ditinggali, Daerahnya Nyaman dan Tentram!

Kegiatan ini dilakukan pada tiap dukuh secara bergiliran tiap bulannya, selain cek kesehatan juga diberikan makanan tambahan bagi lansia.

"Peran kader kesehatan sangat membantu pelaksanaan kegiatan tersebut, tanpa adanya kader kegiatan ini tentu akan mengalami kesulitan," ucapnya.

BACA JUGA:7 Makanan Khas Jawa Tengah yang Populer dengan Cita Rasa yang Unik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id