7 Makanan Khas Jawa Tengah yang Populer dengan Cita Rasa yang Unik

7 Makanan Khas Jawa Tengah yang Populer dengan Cita Rasa yang Unik

kuliner khas Jawa Tengah-foto pinterest-

DISWAY JATENG - Indonesia merupakan negara yang terdiri dari suku-suku bangsa yang mempunyai keanekaragaman, termasuk makanan khas setiap wilayah.

Jawa Tengah sangat populer dalam kuliner Nusantara. Kuliner ini sangat kental dengan cita rasa makanan Jawa yang lezat. Setiap kota dan kabupaten di Jawa Tengah pasti memiliki makanan khasnya sendiri.

Makanan khas Jawa Tengah mungkin tidak asing bagi warga asli atau masyarakat yang berasal dari provinsi tersebut. Namun hidangan tradisional selalu menarik bagi wisatawan atau warga pendatang yang baru mengunjungi daerah ini. 

Hidangan Jawa Tengah mencerminkan keanekaragaman budaya dan tradisi diwilayah ini. Mulai dari hidangan berbahan dasar nasi, daging, sayuran, hingga olahan kue tradisional yang menjadi daya tarik wisata di Indonesia.  

Beragam bentuk makanan khas Jawa Tengah bisa ditemukan dirumah makan atau restoran yang menyediakan masakan Jawa. Makanan khas Jawa Tengah juga dikenal dengan cita rasa rempahnya yang kaya. 

Makanan khas Jawa Tengah juga dianggap murah meriah dan paling mudah didapatkan. Ada banyak berbagai macam makanan yang bisa memanjakan lidah. 

BACA JUGA:Mengenal Kupat Glabed Tegal: Salah Satu Kuliner yang Wajib Kalian Coba

Berikut makanan khas Jawa Tengah yang populer :

1. Gethuk

Makanan ini dengan berbahan dasar singkong. Gethuk ini warna aslinya adalah putih, tapi sekarang sudah tersedia beragam warna agar lebih menarik.

2. Wajik

Wajik terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan menggunakan gula jawa. Biasanya rasanya yang manis karena memakai gula jawa yang menjadikan rasanya khas. Tetapi sekarang banyak wajik yang warnanya bermacam-macam, ada hijau, pink, merah, kuning dan warna yang lainnya. Kalau yang warna-warni pemanisnya bukan menggunakan gula jawa, tetapi gula pasir.

3. Wedang Ronde

Salatiga memiliki ronde, namun masyarakat biasa menyebutnya wedang ronde. Dalam bahasa Jawa wedang berarti minuman. Minuman ini memiliki fungsi untuk menghangatkan tubuh karena ada campuran dari jahe yang merupaakan salah satu bahan baku pembuatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: