Bikin Bangga! Yudisium Fakultas Hukum UPS Tegal Melepas 95 Calon Wisudawan

Bikin Bangga! Yudisium Fakultas Hukum UPS Tegal Melepas 95 Calon Wisudawan

Dr Achmad Irwan Hamzani Dekan Fakultas Hukum UPS Tegal menyerahkan kenang-kenangan kepada Perwakilan Alumni FH UPS Tegal--by.Agus Mutaalimin

DISWAY JATENG, TEGAL - Fakultas Hukum (FH) Universitas Pancasakti(UPS) Tegal menyelenggarakan yudisium jenjang sarjana periode genap. Tahun 2022/2023 di ruang serba guna Kampus 2 UPS jalan Perintis kemerdekaan, Kota Tegal, Kamis (21/9). Agenda diikuti 95  calon wisudawan dan dihadiri oleh dewan pembina, pengurus yayasan dan seluruh perwakilan dekan, tamu undangan orang tua calon wisudawan.

Dekan Fakultas Hukum UPS Tegal Dr Achmad Irwan Hamzani menyampaikan, yudisium fakultas ini langkah terakhir menuju wisuda nanti, Sabtu yang akan datang. Ini merupakan momen bersejarah dalam perjalanan hidup anak manusia. Yang memiliki kesempatan menempuh pendidikan tinggi. Karena itu tidak berlebihan kalau saya menganggap ini sebagai momentum terindah dalam kehidupan.

Secara kronologis, setiap mahasiswa setelah menekuni program perkuliahan dan dinyatakan selesai menyusun skripsi. Maka dia berhak untuk menempuh ujian skripsi atau disebut juga sidang munaqasyah istilah dalam pendidikan Islam. Tahapan berikutnya adalah menunggu yudisium, setelah dinyatakan lulus berhak menyandang gelar sarjana. Selanjutnya mengikuti upacara wisuda dengan memakai baju toga.

"Secara formal, seseorang yang menyandang gelar sarjana adalah seseorang yang sudah siap menerima tanggung jawab akademik. Untuk mengkontribusikan ilmunya di Masyarakat,” ungkapnya.

Kepada para orang tua dan keluarga calon wisudawan. Pihaknya turut bersyukur, berbahagia dan sekali lagi mengucapkan selamat atas keberhasilan ini.

Tidak kalah pentingnya, dia menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya. Kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan Fakultas Hukum atas totalitas dan komitmen. Dalam melaksanakan tugas mendidik dan melayani mahasiswa hingga mereka berhasil menyelesaikan studi.

“Anda patut bersyukur, karena menjadi manusia terhormat. Mendapat kesempatan mengenyam pendidikan tinggi hingga lulus. Yang tentunya bisa mengangkat derajat menjadi orang terhormat di masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Prof Dr Purwo Susongko, Wakil Rektor 1 mewakili Rektor UPS Tegal Dr Taufiqulloh MHum mengatakan, selamat dan sukses atas  kelulusan saudara semua di hari ini. Semoga ilmunya bermanfaat bagi Anda, keluarga besar dan masyarakat.

"Anda harus bangga menjadi bagian dari Fakultas Hukum. Karena FH UPS ini terakreditasi unggul dan elitnya yang ada di karesidenan Pekalongan di bidang hukum,” ungkapnya.

Selain itu, visi UPS ini adalah sebagai pusatnya literasi. Maka tetaplah berfikir secara rasional apalagi dalam negara demokrasi seperti Indonesia ini. Karena Anda inilah nantinya sebagai regulasi utama dalam bidang hukum.

"Saya berpesan apabila ada hal yang baik selama  kuliah di FH UPS. Maka sebarkanlah, namun apabila ada hal yang tidak baik maka sampaikanlah ke lembaga kami agar kami bisa lebih baik lagi,” bebernya.

Dr Edi Praptono SH MH selaku wakil ketua Yayasan mengucapkan selamat atas kelulusan semua. Semoga ilmunya bermanfaat dan berguna bagi masyarakat. Hukum itu selalu hidup, hukum itu selalu berubah dan berganti maka dari itulah harus rajin membaca buku.

Bangga dengan mahasiswa dan dosen FH terhadap hasil karyanya yang telah menghasilkan buku-buku dan ini merupakan sebuah hasil karya FH yang unggul .

"Ini adalah satu-satunya Fakultas yang berani memamerkan buku hasil karyanya dan ini hanya ada di Fakultas Hukum,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id