Polres Pemalang Lakukan Penindakan Humanis kepada Pengendara yang Melintas

Polres Pemalang Lakukan Penindakan Humanis kepada Pengendara yang Melintas

HUMANIS - Penindakan humanis pada pengendara yang melawan arus di Kabupaten Pemalang. Foto : Yeri Noveli/Radar Slawi --

DISWAYJATENG, PEMALANG - Operasi Zebra Candi 2023 di jajaran Polres PEMALANG hari pertama langsung menggelar razia stationer di Alun-alun PEMALANG,l. Sejumlah pengendara yang melawan arus terjaring petugas.

Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya melalui Wakapolres Pemalang Kompol Gunawan Wibisono mengtakan, petugas akan memberikan penindakan humanis.

"Penindakan tersebut berupa edukasi keselamatan berlalulintas pada pengendara yang melanggar,"ujarnya.

Dalam razia stationer tersebut, pihaknya juga menyiapkan SIM Keliling dan Samsat Keliling untuk memberikan pelayanan di tempat. Bagi pengendara yang kedapatan masa berlaku Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) miliknya sudah hampir habis.

Petugas tidak hanya menjaring pengendara yang melanggar lalu lintas. Bagi pengendara yang kedapatan sudah tertib dan patuh pada peraturan lalu lintas. Akan diberikan penghargaan berupa satu paket beras dari petugas. Pemberian penghargaan satu paket beras dilakukan, untuk memotivasi masyarakat agar lebih tertib dalam berkendara.

"Kegiatan edukatif dilakukan selama gelaran Operasi Zebra Candi 2023 yang dilaksanakan selama 14 hari. Mulai 4-17 September 2023," bebernya.

Selain mengedepankan edukasi melalui upaya preemtif dan preventif. Juga dilakukan penindakan penilangan, baik stationer maupun mobile dengan Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE). Pada kesempatan tersebut, masyarakat  diimbau dapat lebih tertib dalam berlalulintas. 

"Karena tertib berlalulintas merupakan cermin budaya bangsa dan untuk keselamatan masyarakat itu sendiri," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id