Awas! Ada Penampakan Kingkong Besar saat Karnaval di Desa Kertayasa

Awas! Ada Penampakan Kingkong Besar saat Karnaval di Desa Kertayasa

Penampakan kingkong besar saat karnaval budaya di Desa Kertayasa Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal-Yeri Noveli-jateng.disway.id

KRAMAT, DISWAY JATENG - Pemerintah Desa Kertayasa Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal menggelar karnaval budaya, Minggu 27 Agustus 2023 pagi. Saat karnaval itu, mendadak ada penampakan Kingkong jadi-jadian yang membuat warga terkejut.

Kingkong berlari-lari sambil mendekati para penonton. Praktis, penonton pun tertawa sambil mengelus-elus kepala kingkong tersebut. Sepertinya, penonton tahu bahwa kingkong itu hanyalah kostum yang dikenakan oleh pria dewasa untuk memeriahkan karnaval dalam rangka HUT ke 78 RI.

Selain kingkong, ada pula penampakan wanita yang berkostum simbol burung Garuda. Termasuk juga emak-emak yang menggunakan topi caping layaknya petani.

BACA JUGA:Keren! Kodim Tegal Meriahkan Karnaval Pembangunan dengan Slogan Barunya 

Begitu pula ada juga yang mengenakan kostum budaya dari daerah lain seperti suku dayak, batak, sunda termasuk juga dari suku jawa sendiri.

Kepala Desa Kertayasa Purwoko Hendro Winarno mengatakan karnaval ini diikuti oleh 32 tim. Mereka merupakan masyarakat umum dan pelajar yang berdomisili di Desa Kertayasa. 

Karnaval yang menempuh jarak sekitar 3 kilometer itu dilombakan untuk merebut piala dan piagam dari kepala desa. Ada 3 dewan juri yang dihadirkan dari luar desa untuk memberikan nilai secara profesional.

BACA JUGA:HUT RI ke 78, Kodim 0712 Tegal Gelar Bhakti Sosial dan Karya Bhakti

Piala hanya diberikan kepada juara 1, 2 dan 3. Sedangkan piagamnya, diberikan kepada seluruh peserta karnaval.

"Karnaval ini kita mengusung tema tentang Budaya. Alhamdulillah karnaval berlangsung lancar dan meriah," kata Hendro.

Menurutnya, kegiatan karnaval ini merupakan puncak acara di moment HUT ke 78 RI tahun 2023. Sebelumnya, pemerintah desa juga menggelar pentas wayang golek dan menghadirkan pendakwah dari Kabupaten Cilacap, Ustadzah Mumpuni Handayayekti.

BACA JUGA:Kodim 0712/Tegal Siap Tangani Bencana Alam

"Saya ucapkan terimakasih kepada para panitia, Linmas, dewan juri dan masyarakat Desa Kertayasa yang telah melaksanakan kemeriahan HUT RI ini dengan baik. Semoga tahun depan lebih meriah lagi," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id