HUT RI ke 78, Kodim 0712 Tegal Gelar Bhakti Sosial dan Karya Bhakti

HUT RI ke 78, Kodim 0712 Tegal Gelar Bhakti Sosial dan Karya Bhakti

Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Suratman membagikan paket sembako secara simbolis, untuk perwakilan Veteran Serma (Purn) Sunardi di Kantor Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari Jalan Blanak No. 10 C Kelurahan Tegalsari, Senin 14 Agustus 2023.-maewan dani ristanto-jateng.disway.id

TEGAL, DISWAY JATENG - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 tahun 2023, Kodim 0712/Tegal melaksanakan bhakti sosial dan karya bhakti di wilayah Kecamatan Tegal Barat. 

Selain menggelar  bhakti sosial dan karya bhakti, juga menyaksikan pengarahan Pangdam IV/Diponegoro melalui zoom, yang tersebar di jajaran Kodam IV/Diponegoro yang diikuti sekitar 200 orang. Kegiatan diawali dengan mendengarkan pengarahan dari Pangdam IV/Diponegoro Widi Prasetijono melalui Zoom, yang dilaksanakan di  Kantor Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari Jalan Blanak No. 10 C Kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat.

Pangdam IV/Diponegoro Widi Prasetijono, kegiatan Karya Bhakti dan Bhakti Sosial dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023. Negara ini memiliki sejarah panjang dalam usahanya merebut serta mempertahankan kemerdekaan melalui perjuangan para pahlawan bangsa yang rela mengorbankan jiwa, harta, bahkan nyawanya. 

BACA JUGA:Kemarau, Kodim Tegal Gelontorkan Air Bersih di Kedungkelor

"Sebagai seorang prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro harus senantiasa mengingat jasa para pahlawan, dan harus ikut serta dalam mengisi kemerdekaan dengan cara menunaikan tugas pokok kita masing-masing secara profesional dan bertanggung jawab," katanya.

Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023, Kodam IV/Diponegoro menggelar karya bhakti dan bhakti sosial secara serentak di  Makodam dan di seluruh satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro. Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya dengan melakukan pembersihan pantai dan lingkungan serta menanam 7.800 pohon.


--

"Selain itu juga, kita akan membagikan sembako sebanyak 9.500 paket kepada para veteran, KBT, masyarakat kurang mampu, dan anak penderita stunting di wilayah provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Selanjutnya, besok kita juga akan menyelenggarakan kegiatan donor darah di seluruh jajaran Kodam IV/Diponegoro dengan target 5.450 kantong darah," ujarnya.

BACA JUGA:Kodim 0712/Tegal Siap Tangani Bencana Alam

Hal itu merupakan wujud kepedulian Kodam IV/Diponegoro terhadap masalah kebersihan lingkungan di sekitar dan rasa kemanusiaan terhadap saudara- saudara yang membutuhkan. Dan yang dilakukan tersebut dapat bermanfaat dan sekaligus mendekatkan kepada rakyat dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. 

"Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut, termasuk kepada seluruh anggota dan masyarakat yang berniat mendonorkan darahnya untuk sesama," ujarnya.

Pembagian paket sembako secara simbolis, untuk perwakilan Veteran Serma (Purn) Sunardi, diberikan oleh Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Suratman, Perwakilan Nelayan Kota Tegal Kosim, diberikan oleh Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal Sirat Mardanus,  Perwakilan Warga Tidak Mampu Mukhlis, diberikan oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari dan enam orang Anak Stunting, diberikan oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXII Kodim 0712/Tegal beserta jajaran pengurus. 

Selain itu, dilakukan pengobatan gratis kepada masyarakat oleh Tim Kesehatan Rumah Sakit TK IV 04.07.01 Tegal. Sedangkan di Kampung Tirang Kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat dilakukan Penanaman Pohon Cemara.


--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id