Seberapa Besar Manfaat Terong Untuk Tubuh Kita? Berikut 8 Daftar Manfaat Terong Untuk Kesehatan Tubuh

Seberapa Besar Manfaat Terong Untuk Tubuh Kita? Berikut 8 Daftar Manfaat Terong Untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi Manfaat Terong Untuk Kesehatan--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Terong adalah sayuran yang memiliki rasa yang khas, tetapi tidak semua orang menyukainya.

Teksturnya sangat cocok untuk diolah menjadi sup, semur, dan berbagai masakan olahan khas Indonesia lainnya.

Selain itu, makanan ini mengandung berbagai macam nutrisi yang menyehatkan dan bahkan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Berbagai manfaat ini bisa didapatkan pada seseorang yang rutin mengonsumsi terong.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 8 manfaat terong untuk kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi

Terong adalah sumber nutrisi yang kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting bagi tubuh.

Sebagai contoh, terong mengandung vitamin C yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu penyerapan zat besi, dan memperbaiki jaringan tubuh.

Selain itu, terong juga mengandung vitamin K yang berperan dalam pembekuan darah dan kesehatan tulang, serta vitamin B6 yang penting untuk metabolisme tubuh dan fungsi saraf.

2. Antioksidan

Terong mengandung senyawa antioksidan, terutama anthocyanin yang memberikan warna ungu pada kulit terong.

Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada penuaan dini dan perkembangan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti terong dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Terong mengandung potassium, mineral yang berperan dalam mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan membantu mengendalikan tekanan darah.

Asupan potassium yang cukup dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal, yang pada gilirannya mendukung kesehatan jantung.

Dengan menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

BACA JUGA:Hindari Begadang! 8 Manfaat Tidur Lebih Awal Bagi Kesehatan, Bikin Badan Segar Pas Bangun Pagi

4. Pemeliharaan Kesehatan Tulang

Terong mengandung vitamin K, yang berperan penting dalam pembentukan dan pemeliharaan kesehatan tulang.

Vitamin K berfungsi dalam proses pengikatan kalsium ke tulang, yang membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis, yang adalah kondisi di mana tulang menjadi rapuh dan rentan patah.

5. Mendukung Pencernaan

Terong mengandung serat, yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat membantu memperlancar pergerakan usus, mencegah sembelit, dan mempromosikan kebersihan sistem pencernaan.

Mengonsumsi makanan yang kaya serat, seperti terong, dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mendukung fungsi pencernaan yang baik.

6. Mengontrol Gula Darah

Serat dalam terong juga berperan dalam mengendalikan penyerapan gula darah. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang kaya serat, penyerapan gula dari makanan menjadi lebih lambat.

Ini membantu mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba setelah makan, yang bermanfaat terutama bagi penderita diabetes atau bagi mereka yang ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil.

BACA JUGA:8 Manfaat Stretching Bagi Tubuh, Mengurangi Kelelahan Hingga Stres

7. Pemeliharaan Kulit

Terong mengandung vitamin C, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan kulit. Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, protein yang membantu menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C, seperti terong, Anda dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

8. Pengelolaan Berat Badan

Terong adalah makanan rendah kalori dan tinggi serat. Konsumsi makanan yang kaya serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama setelah makan, sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit.

Ini dapat mendukung program pengelolaan berat badan, karena Anda akan cenderung mengonsumsi jumlah kalori yang lebih rendah tanpa merasa lapar.

Penting untuk menciptakan pola makan seimbang yang mencakup berbagai jenis makanan bergizi untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat optimal bagi kesehatan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai