Ketahui 8 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari Bagi Kesehatan, Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Diabetes

Ketahui 8 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari Bagi Kesehatan, Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Diabetes

Ilustrasi Manfaat Jalan Kaki--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Jalan kaki termasuk olahraga kardio yang sederhana serta bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja.

Meski begitu, manfaat jalan kaki tidak sesederhana kelihatannya. Anda pun bisa mendapatkan segudang keuntungan dari berjalan kaki setiap hari.

Olahraga jalan kaki merupakan pilihan olahraga selain berlari yang mudah untuk Anda lakukan. Bahkan tanpa sadar, Anda sebenarnya telah berjalan kaki hampir setiap hari.

Dilansir dari.beberapa sumber, berikut 8 manfaat jalan kaki setiap hari bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berjalan kaki setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Aktivitas ini merangsang sirkulasi darah yang lebih baik ke seluruh tubuh, termasuk otot jantung.

Denyut jantung Anda akan meningkat saat berjalan, membantu menguatkan jantung dan memastikan pasokan oksigen yang cukup ke seluruh tubuh.

Ini juga membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke, karena melibatkan sistem kardiovaskular dalam aktivitas fisik yang teratur.

2. Pengaturan Berat Badan

Jalan kaki adalah bentuk latihan aerobik ringan yang efektif dalam membakar kalori. Saat Anda berjalan, tubuh menggunakan energi dari kalori yang tersimpan, yang membantu dalam menjaga atau mengurangi berat badan Anda.

Ini bisa sangat berguna bagi mereka yang ingin menjaga berat badan seimbang atau sedang dalam program penurunan berat badan.

Aktivitas ini juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang pada gilirannya dapat membantu dalam pengaturan berat badan secara keseluruhan.

3. Meningkatkan Kebugaran Fisik

Berjalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan kebugaran fisik Anda. Ini adalah bentuk latihan aerobik yang melibatkan sebagian besar otot tubuh Anda.

Aktivitas ini membantu memperkuat otot-otot kaki, panggul, dan bahkan punggung Anda. Selain itu, jalan kaki juga melibatkan sistem pernapasan dan sirkulasi, sehingga membantu memperkuat paru-paru dan jantung.

Dengan waktu dan konsistensi, Anda mungkin akan merasakan peningkatan daya tahan dan kekuatan fisik secara keseluruhan.

BACA JUGA:Apakah Jogging Sore Menyehatkan? Berikut 8 Manfaat Jogging Sore Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui

4. Meningkatkan Mood

Berjalan kaki memiliki dampak positif pada kesejahteraan mental Anda. Saat Anda berjalan, tubuh melepaskan zat kimia alami seperti endorfin, yang dikenal sebagai "zat-zat bahagia".

Endorfin dapat meredakan stres, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi gejala depresi. Aktivitas fisik ini juga memberi Anda kesempatan untuk bersantai, merenung, atau menghilangkan pikiran yang membebani.

Oleh karena itu, berjalan kaki dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan kesejahteraan mental Anda secara keseluruhan.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Berjalan kaki dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tulang Anda. Saat Anda berjalan, tekanan dan berat tubuh yang diterapkan pada tulang-tulang kaki membantu merangsang pertumbuhan tulang baru dan memperkuat tulang yang ada.

Aktivitas ini juga membantu mempertahankan kerapatan tulang, mengurangi risiko osteoporosis (penipisan tulang) seiring dengan bertambahnya usia.

Jadi, berjalan kaki secara teratur dapat membantu menjaga kekuatan dan integritas tulang Anda.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Berjalan kaki secara konsisten dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis. Misalnya, berjalan kaki dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan penggunaan glukosa oleh tubuh, yang dapat membantu mencegah atau mengelola diabetes tipe 2.

Selain itu, aktivitas fisik seperti berjalan kaki juga dapat membantu menjaga tekanan darah normal, yang berkontribusi pada kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Aktivitas fisik yang teratur juga telah terbukti membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker payudara.

BACA JUGA:Mengganggu Kesuburan! Ini Dia 8 Dampak Negatif Olahraga Secara Berlebihan Bagi Kesehatan

7. Meningkatkan Pencernaan

Berjalan kaki setelah makan dapat membantu memperbaiki pencernaan Anda. Aktivitas fisik ringan, seperti berjalan, merangsang pergerakan usus dan membantu mendorong makanan melalui saluran pencernaan.

Ini dapat mengurangi risiko sembelit atau gangguan pencernaan lainnya.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Berjalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Aktivitas fisik membantu melepaskan ketegangan otot dan mengurangi stres, yang dapat membantu Anda merasa lebih rileks saat tidur.

Selain itu, berjalan kaki dapat membantu mengatur ritme sirkadian tubuh Anda, yang berperan dalam mengatur pola tidur dan bangun Anda.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber