Si Paling Jago Matematika Wajib Tahu Nih! Inilah 8 Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Penyuka Matematika

Si Paling Jago Matematika Wajib Tahu Nih! Inilah 8 Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Penyuka Matematika

Ilustrasi Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Penyuka Matematika--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Matematika adalah salah satu bidang ilmu terapan yang mempelajari besaran, struktur, ruang, dan perubahan pada suatu objek.

Matematika digunakan oleh seluruh sektor kehidupan sehingga banyak yang menyebut matematika sebagai ibu dari semua ilmu pengetahuan. 

Berhitung kerap kali dipersepsikan sulit oleh kebanyakan orang baik anak-anak maupun orang dewasa. Kesulitan ini membuat mereka enggan untuk mempelajarinya secara mendalam.

Berbeda dengan sebagian pecinta matematika yang merasa bahwa matematika adalah pelajaran yang menyenangkan dan sangat menantang.

Beberapa keunggulan yang dimiliki seorang pecinta matematika diantaranya penalaran yang baik, dapat memecahkan masalah, cepat memahami konsep, dan lain-lain.

Bagi kamu sang pecinta matematika, kamu tidak perlu bimbang dalam memilih jurusan kuliah. Artikel ini akan memaparkan beberapa rekomendasi jurusan yang cocok untuk kamu ambil. Cek selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Matematika

Bagi anak IPA penyuka matematika tidak ada salahnya memilih jurusan kuliah matematika di perguruan tinggi.

Namun selain kuliah di jurusan Ilmu Murni Matematika, kamu masih bisa memilih untuk kuliah Pendidikan Matematika ataupun Tadris Matematika

Kelak setelah lulus, kamu sudah memiliki bekal untuk mengajar Matematika.

2. Teknik Informatika

Teknik informatika adalah jurusan yang hampir serupa dengan ilmu komputer.

Bagi kamu yang sangat menyukai matematika dan memiliki pikiran yang logis, jiwa kreatif, tekun, teliti, dan detail kalian dapat memilih jurusan teknik informatika.

Sama halnya dengan jurusan ilmu komputer, teknik informatika memiliki prospek karir yang hampir sama dengan jurusan ilmu komputer. Namun, perbedaan yang bisa dilihat adalah mata kuliah yang dipelajari.

BACA JUGA:6 Kebiasaan Sehari-Hari Ini Ternyata Bisa Bikin Otak Cerdas, Ada yang Sudah Kamu Terapkan?

3. Akuntansi

Meskipun diterapkan di bidang ekonomi, ilmu akuntansi sendiri tak lepas dari matematika. Makanya, jurusan yang dikenal sebagai "kepunyaan" anak IPS ini sebenarnya bisa menjadi salah pilihan jurusan kuliah untuk anak IPA.

Saat ini sudah ada Akuntansi Syariah sebagai alternatif buat kalian yang ingin kuliah Akuntansi secara khusus.

4. Statistika

Statistika merupakan ilmu yang menyelidiki tentang bagaimana mengumpulkan, menabulasi, menggolongkan, menganalisis, serta mencari keterangan yg berarti berasal data berupa nomor.

Dari awal hingga akhir penuh dengan data nomor, tidak diragukan lagi ini merupakan salah satu pilihan jurusan kuliah orang yg penuh perhitungan.

Mahasiswa Statistika belajar tentang prosedur pemecahan serta Pemrograman, Basis Data, Komputasi Statistika, Aljabar Linier, Analisis Regresi, Probabilitas, Metode Numerik, Metode Sampling dan Survei, Metode Peramalan, serta banyak mata kuliah lain yang sarat menggunakan materi hitungan matematika.

Jadi, pastikan Statistika turut masuk pertimbangan jurusan buat yang suka matematika.

4. Aktuaria

Jurusan aktuaria baru banyak dikenalkan akhir-akhir ini. Jika mengambil jurusan ini, kamu akan menerapkan metode matematika dan statistika untuk mengukur risiko asuransi, produk-produk keuangan, serta industri atau profesi lain.

Seorang aktuaris menerapkan matematika yang ketat untuk membuat pemodelan masalah ketidakpastian.

Profil lulusan aktuaria yang tergolong ke dalam jurusan yang baru populer akhir-akhir ini bisa mendapatkan prospek kerja yang menggiurkan lho, misalnya menjadi penilai, pemeriksa, dan penyelidik klaim asuransi; penaksir asuransi untuk kerusakan kendaraan; agen penjualan asuransi; hingga surveyor risiko asuransi.

5. Fisika

Jurusan kuliah yang cocok untuk orang suka menghitung lainnya adalah fisika. Bahkan, jurusan ini dikenal sebagai salah satu jurusan dengan hitung-hitungan yang rumit.

Dilansir dari laman Institut Teknologi Bandung (ITB), jurusan ini akan mempelajari berbagai hal ditinjau dari aspek fisisnya.

Misalnya tentang gelombang yang mengulas seputar sifat-sifat gelombang, perilakunya, dan contohnya dalam peristiwa sehari-hari.

6. Manajemen Logistik

Jurusan kuliah yang berkutat soal hitungan lainnya adalah manajemen logistik. Jurusan ini memang terbilang langka karena tidak banyak perguruan tinggi yang membukanya.

Mahasiswa jurusan manajemen logistik akan belajar tentang teknik perencanaan, pengelolaan, pengendalian, dan pengawasan aliran barang maupun sumber daya lain.

BACA JUGA:Ingin Anak Pintar? 7 Jenis Ikan Ini Bisa Bantu Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak

7. Ilmu Ekonomi

Jurusan ilmu ekonomi khususnya ekonomi makro membutuhkan pendekatan secara matematis. Salah satunya adalah teknik aljabar.

Dilansir dari laman Institut Teknologi Batam (Iteba), hasil proses matematis tersebut digunakan untuk menentukan kebijakan yang tepat dalam sebuah negara.

Karena membutuhkan analisis dengan pendekatan matematis, ilmu ekonomi dapat menjadi referensi bagi kamu yang suka menghitung.

8. Matematika Bisnis

Jurusan matematika bisnis ialah program interdisipliner yang mempelajari metode matematika, statistik, dan komputasi bersama dengan metodologi ekonomis.

Keahlian yang harus dimiliki dalam matematika bisnis ini meliputi senang menghitung, senang melakukan riset,

kemampuan dalam menganalisa, kemampuan dalam logika, serta memahami matematika dasar. Oleh karena itu, bagi yang sangat suka sekali dengan ilmu matematika, jurusan ini cocok untuk kalian.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber