6 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Antioksidan dan Bantu Sembuhkan Luka hingga Lawan Kanker

6 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Antioksidan dan Bantu Sembuhkan Luka hingga Lawan Kanker

Manfaat buah nanas untuk kesehatan.-Lisa Fatios-Pexels

DISWAY JATENG - Manfaat buah nanas untuk kesehatan banyak sekali macamnya. Di balik rasanya yang lezat, nanas memiliki sejumlah nutrisi dan senyawa bioaktif yang telah banyak diteliti oleh para peneliti di seluruh dunia.

Buah nanas, dikenal secara ilmiah sebagai Ananas comosus, adalah Buah tropis yang terkenal dengan rasa khasnya, kelezatan, dan penampilannya yang menarik. 

Dalam artikel ini, kita akan menyelami literatur ilmiah untuk menjelajahi kandungan nutrisi yang kaya dan potensi manfaat buah nanas untuk kesehatan.

Nanas bukan hanya camilan yang menyegarkan tetapi juga memiliki profil nutrisi yang mengesankan, seperti yang terlihat dari kandungannya yang kaya, di antaranya:

Vitamin

Nanas adalah sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan penting yang mendukung fungsi kekebalan tubuh, sintesis kolagen, dan penyembuhan luka.

Studi ilmiah telah membuktikan bahwa satu porsi nanas dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kebutuhan vitamin C harian.

BACA JUGA:7 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan, Kurangi Risiko Diabetes hingga Jaga Kesehatan Jantung

BACA JUGA:Bantu Redakan Batuk dan Pilek! Inilah 7 Manfaat Minum Air Jahe dan Madu Untuk Kesehatan

Enzim

Bromelain, campuran enzim proteolitik, adalah fitur khas dari nanas. Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa bromelain mungkin memiliki manfaat antiinflamasi dan pencernaan, sehingga menjadi subjek yang menarik dalam berbagai aplikasi kesehatan.

Mineral

Nanas mengandung mineral penting seperti mangan, yang memainkan peran penting dalam kesehatan tulang, metabolisme, dan pertahanan antioksidan. Kandungan mangan dalam nanas sejalan dengan studi yang menunjukkan potensi kontribusinya terhadap kesehatan secara keseluruhan.

Serat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: