Inilah 7 Makanan Sumber Vitamin Otak untuk Jaga Fungsi Kognitif, Apa Saja?

Inilah 7 Makanan Sumber Vitamin Otak untuk Jaga Fungsi Kognitif, Apa Saja?

Ilustrasi Makanan Sumber Vitamin Otak untuk Jaga Fungsi Kognitif--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Istilah Vitamin otak merujuk pada jenis-vitamin dan nutrisi yang dianggap memiliki manfaat bagi kesehatan otak dan fungsi kognitif.

Nutrisi untuk otak tentu cukup beragam seperti Vitamin B, seperti vitamin B6, B9 (asam folat), dan B12, memiliki peran penting dalam fungsi saraf dan perkembangan sel otak.

Selain itu, ada juga Vitamin D memiliki kaitan dengan kesehatan otak dan perkembangan fungsi kognitif yang mudah ditemui pada susu nabati.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 7 makanan sumber vitamin otak untuk jaga fungsi kognitif:

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna mengandung asam lemak omega-3. Omega-3 adalah jenis lemak sehat yang penting bagi perkembangan dan fungsi otak.

Dalam otak, omega-3 terutama terkonsentrasi dalam membran sel, yang membantu menjaga fleksibilitas dan kekuatan sambungan antar sel saraf.

Omega-3 juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam otak dan mempengaruhi produksi neurotransmitter, zat kimia yang membantu transmisi sinyal antar sel saraf.

2. Blueberry

Blueberry adalah buah yang kaya akan antioksidan, terutama jenis yang disebut anthocyanin.

Antioksidan membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat merusak DNA dan membran sel.

Anthocyanin dalam blueberry juga diyakini memiliki efek positif pada kognisi, termasuk meningkatkan fungsi otak dan memori.

Vitamin C yang terkandung dalam blueberry juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan otak dan sistem saraf.

3. Almond

Almond adalah jenis kacang-kacangan yang kaya akan vitamin E dan asam lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

Vitamin E adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan oleh radikal bebas. Asam lemak sehat juga penting untuk struktur membran sel dan transmisi sinyal otak yang efisien.

BACA JUGA:Inilah Manfaat Sering Minum Air Rebusan Jahe Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

4. Brokoli

Brokoli adalah sayuran hijau yang kaya akan berbagai nutrisi penting. Ini termasuk vitamin K dan choline.

Vitamin K diperlukan untuk kesehatan otak karena berperan dalam pembentukan protein yang mendukung perkembangan dan fungsi saraf.

Choline adalah nutrisi yang membantu dalam sintesis neurotransmitter dan komponen penting dari membran sel. Kombinasi nutrisi ini dalam brokoli dapat membantu menjaga integritas dan kinerja sel-sel otak.

5. Bayam

Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan otak. Salah satu nutrisi tersebut adalah folat, yang merupakan jenis vitamin B.

Folat berperan penting dalam sintesis DNA dan RNA, serta pembentukan sel-sel baru, termasuk sel-sel saraf. Dengan cukup asupan folat, Anda dapat mendukung fungsi otak yang sehat.

Selain itu, bayam juga mengandung vitamin K, yang dapat mendukung kesehatan pembuluh darah dan fungsi otak.

6. Dark Chocolate (Cokelat Hitam)

Cokelat hitam yang tinggi kandungan kakao memiliki manfaat potensial bagi kesehatan otak.

Kakao mengandung flavonoid, jenis antioksidan yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan mempengaruhi kinerja otak.

Selain itu, kakao juga mengandung kafein secara alami, yang dapat memberikan dorongan sementara pada kewaspadaan dan kognisi.

7. Telur

Telur adalah sumber makanan yang kaya akan berbagai nutrisi penting, termasuk kolin. Kolin adalah nutrisi esensial yang berperan dalam pembentukan neurotransmitter acetylcholine.

Acetylcholine merupakan zat kimia yang membantu dalam transmisi sinyal antar sel saraf di otak. Kekurangan kolin dapat berdampak pada fungsi otak, termasuk memori dan kognisi.

Selain itu, telur juga mengandung vitamin B kompleks, seperti vitamin B6 dan B12, yang mendukung kesehatan saraf dan fungsi otak. Mereka membantu dalam produksi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke otak dan tubuh.

Mengonsumsi telur sebagai bagian dari makanan seimbang dapat memberikan kolin dan nutrisi lain yang mendukung fungsi otak yang optimal.

Ingatlah untuk memasukkan berbagai sumber nutrisi dalam pola makan Anda untuk manfaat yang maksimal bagi kesehatan otak Anda.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber