Inilah 7 Fakta di Balik Bahaya Minum Kopi Setiap Hari, Asalkan Sesuai Takaran

 Inilah 7 Fakta di Balik Bahaya Minum Kopi Setiap Hari, Asalkan Sesuai Takaran

Efek minum kopi setiap hari--by.Arus mahakam

3. Menyebabkan masalah pencernaan

Konsumsi kopi setiap hari juga dapat mengakibatkan berbagai masalah pencernaan, seperti sakit perut, mual, muntah, dan nyeri ulu hati. Bila dikonsumsi setiap hari atau berlebihan, kopi dapat menyebabkan Anda mengalami diare, sakit maag, atau penyakit asam lambung (GERD).

4. Meningkatkan tekanan darah

Kafein pada kopi dapat menimbulkan efek samping berupa peningkatan tekanan darah. Nah, bila dikonsumsi setiap hari atau terlalu banyak, kopi dapat membuat tekanan darah meningkat dan bahkan berisiko menyebabkan hipertensi.

Selain itu, konsumsi kopi berlebihan juga dapat membuat jantung berdetak lebih cepat, sehingga menimbulkan sensasi dada berbedar.

5. Menimbulkan efek caffeine withdrawal

Ketika sudah terbiasa mengonsumsi kopi setiap hari, seseorang mungkin akan merasa susah untuk menghentikan kebiasaan tersebut.Ini karena mereka dapat saja merasakan gejala tertentu ketika berhenti minum kopi, 

misalnya sakit kepala, mudah lelah, sulit konsentrasi, perubahan suasana hati atau mood, serta tubuh gemetaran atau tremor.Gejala-gejala ini muncul karena efek caffeine withdrawal.

BACA JUGA: Teh lebih tinggi kafeinnya Ketimbang Kopi, Benarkah Mitos Seperti Itu?

6. Meningkatkan frekuensi buang air kecil

Kopi adalah salah satu minuman yang mempunyai efek diuretik alami. Ini membuat minuman tersebut dapat menyebabkan Anda sering buang air kecil dan bahkan mengalami dehidrasi, terlebih bila Anda kurang minum air putih.

7. Memicu pengeroposan tulang

Riset menunjukkan bahwa asupan kopi dalam jumlah yang sesuai bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Tetapi, sebaliknya, konsumsi kafein yang terlalu sering atau banyak justru dapat mengganggu proses penyerapan dan metabolisme kalsium. 

Hal ini membuat kopi berisiko menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis. Selain beragam risiko di atas, konsumsi kopi juga dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes, terutama jika minuman ini dikonsumsi dengan tambahan gula terlalu banyak.

Batas Aman Jumlah Asupan Kopi Setiap Hari yaitu:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.alodokter.com