Inilah 7 Tips Agar Kamu Tidak Susah Tidur Ketika Melakukan Perjalanan Jarak Jauh

Inilah 7 Tips Agar Kamu Tidak Susah Tidur Ketika Melakukan Perjalanan Jarak Jauh

Ilustrasi tips supaya tidak susah tidur ketika melakukan perjalanan jarak jauh--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Ketika melakukan perjalanan jauh menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kapal, atau kereta waktu tempuhnya bisa mencapai belasan jam!

Perjalanan jauh ini bisa menjadi momen yang menyenangkan karena bisa menjelajahi tempat baru dan merasakan pengalaman yang berbeda.

Namun, bagi sebagian orang perjalanan jauh bisa menjadi ujian berat karena membuatnya mengalami susah tidur Padahal, tidur yang cukup di dalam perjalanan sangat penting agar tubuh tetap fit dan bugar ketika sampai di tujuan.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 7 tips supaya tidak susah tidur ketika melakukan perjalanan jarak jauh:

1. Siapkan Bantal dan Selimut

Maksudnya adalah Anda sebaiknya membawa bantal leher dan selimut ringan saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Ini akan membantu Anda merasa lebih nyaman dan mendukung tidur yang lebih baik selama perjalanan. Bantal leher dapat memberikan dukungan pada kepala dan leher Anda, sementara selimut ringan dapat memberikan kenyamanan ekstra dan membantu menjaga suhu tubuh Anda.

Dengan membawa perlengkapan tidur ini, Anda dapat menciptakan lingkungan yang lebih serupa dengan tempat tidur di rumah, sehingga memudahkan Anda untuk beristirahat selama perjalanan panjang.

2. Pilih Pakaian Nyaman

Artinya Anda sebaiknya mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Pakaian yang terlalu ketat atau tidak nyaman dapat mengganggu tidur Anda dan membuat Anda merasa tidak nyaman selama perjalanan.

Pilihlah pakaian yang memungkinkan Anda untuk bergerak dengan bebas dan tidak memberikan tekanan ekstra pada tubuh Anda.

Dengan mengenakan pakaian yang nyaman, Anda dapat meningkatkan kemungkinan tidur yang lebih baik dan lebih berkualitas selama perjalanan.

3. Gunakan Alat Bantu Tidur

Ini berarti Anda bisa membawa alat-alat seperti earplug (penutup telinga) dan penutup mata untuk membantu menciptakan lingkungan tidur yang lebih tenang.

Earplug dapat membantu mengurangi suara bising di sekitar Anda, seperti suara mesin atau percakapan penumpang lain.

Penutup mata membantu memblokir cahaya yang mungkin mengganggu tidur Anda. Dengan menggunakan alat-alat ini, Anda dapat meningkatkan kualitas tidur Anda selama perjalanan.

BACA JUGA:Daun Salam: Mengenal Keajaiban dan Kegunaan Daun Salam Bagi Kesehatan

4. Hindari Kafein dan Makanan Berat

Sebaiknya Anda menghindari minuman berkafein, seperti kopi atau teh, dan juga makanan berat menjelang tidur. Kafein adalah stimulan yang dapat membuat Anda tetap terjaga dan sulit tidur.

Makanan berat dapat memicu masalah pencernaan yang mengganggu kenyamanan tidur Anda.

Lebih baik pilih makanan ringan dan hindari minuman berkafein beberapa jam sebelum tidur untuk membantu tubuh bersiap-siap untuk istirahat yang lebih baik selama perjalanan.

5. Duduk di Tempat yang Tepat

Maksudnya adalah Anda sebaiknya memilih tempat duduk yang sesuai untuk tidur selama perjalanan jarak jauh.

Tempat duduk di sebelah jendela sering kali lebih nyaman karena Anda dapat bersandar pada dinding pesawat atau kendaraan lainnya.

Ini akan memberikan dukungan bagi kepala dan tubuh Anda, sehingga membuat tidur menjadi lebih nyaman. Jika Anda memilih tempat duduk di tengah atau di lorong, Anda mungkin akan terganggu oleh gerakan orang lain yang melewati atau berdiri.

Memilih tempat duduk yang lebih tenang dan cocok untuk tidur dapat membantu Anda mendapatkan istirahat yang lebih baik selama perjalanan.

6. Jaga Kondisi Suhu

Artinya Anda sebaiknya memastikan suhu di dalam kendaraan tetap nyaman selama perjalanan jarak jauh. Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat mengganggu kenyamanan tidur Anda.

Usahakan agar suhu di dalam kendaraan tidak terlalu ekstrem, agar Anda dapat tidur lebih nyaman.

7. Relaksasi sebelum Tidur

Artinya Anda sebaiknya melakukan latihan relaksasi pernapasan atau meditasi sederhana sebelum tidur. Ini bisa membantu mengurangi stres atau kegelisahan yang mungkin Anda rasakan selama perjalanan.

Teknik-teknik relaksasi ini dapat membantu menenangkan pikiran Anda dan mempersiapkan tubuh untuk tidur.

Dengan merilekskan diri sebelum tidur, Anda dapat meningkatkan peluang mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas selama perjalanan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber