Bukan Hanya Bawang Merah! Ini Produk Unggulan Brebes yang Tidak Kalah Tenar

Bukan Hanya Bawang Merah! Ini Produk Unggulan Brebes yang Tidak Kalah Tenar

Kabupaten Brebes memiliki banyak produk unggulan--

DISWAYJATENG – Brebes memiliki banyak produk unggulan yang sudah terkenal sampai keluar daerah.

Seperti bawang merah contohnya yang sudah menjadi ikon utama Kabupaten Brebes selama ini.

Namun selain bawang merah ternyata Brebes juga memiliki beberapa produk khas.

Brebes merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Dengan Ibukotanya ada di Brebes. Kabupaten Brebes ini memiliki luas wilayah 1.657,73 km², dengan jumlah penduduknya sekitar 1.732.719 jiwa.

Dengan jumlah tersebut Brebes merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk paling banyak di Jawa Tengah. Brebes memiliki banyak potensi hasil kekayaan alam untuk dijadikan produk unggulan lokal.

Kalau kita perhatikan dari sejarahnya, Brebes memiliki sejarah yang cukup menarik.

Untuk mengetahui sejarah ini dapat dilihat di Wikipedia.

Melansir dari laman kurniamasbrebes, adapun kekayaan alam Brebes yang beraneka ragam ini, maka beberapa Produk Unggulan Brebes antara lain bawang merah, telur asin, batik salem, keramik hias, dan rebana.

1.    Bawang Merah

Perlu diketahui bahwa Kabupaten Brebes merupakan penghasil terbesar komoditi tersebut di tataran nasional. Sentra Produksi Bawang Merah di Wilayah Brebes Utara dan Brebes tengah tersebar di 11 Kecamatan.

Bawang merah merupakan produk unggulan dengan produksi rata-rata pertahun selama 5 tahun terakhir mencapai 1.750.588 kw dengan luas panen 19.405 Ha.

Bawang Merah Brebes terkenal karena varietas yang unggul yaitu bawang Bima Brebes yang berwarna merah menyala, rasa lebih pedas, dan lebih keras dibandingkan bawang dari luar daerah atau luar negeri dan kami turut menjadi salah satunya pemasok produk bawang merah.

Kabupaten Brebes merupakan penghasil terbesar komoditi bawang merah di tataran Nasional.

Orang Jawa mengenalnyabawang merah sebagai brambang. Sentra Produksi Bawang Merah di Wilayah Brebes Utara dan Brebes tengah tersebar di 11 Kecamatan.

Bawang merah merupakan produk unggulan dengan produksi rata-rata pertahun selama 5 tahun terakhir mencapai 1.750.588 kuintal dengan luas panen 19.405 Hektar.

Bawang Merah Brebes terkenal karena varietas yang unggul yaitu bawang Bima Brebes yang berwarna merah menyala, rasa lebih pedas, dan lebih keras dibandingkan bawang dari luar daerah atau luar negeri dan kami turut menjadi salah satunya pemasok produk bawang merah.

Adapun untuk manfaat dan kegunaan bawang merah antara lain :

a.  Bawang merah banyak mengandung vitamin C, kalium, serat, dan asam folat.

b. Bawang merah mengandung kalsium dan zat besi.

c.  Bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin.

d.  Bawang merah adalah sebagai obat tradisional, bawang merah dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida.

2.    Telur Asin

Produk unggulan Brebes lainnya adalah telur asin yang merupakah hasil ternak itik diolah yang popularitas karena lezatnya dan kualitasnya sangat dikenal dan tidak diragukan lagi berbeda dengan daerah lain.

Telur Asin Brebes berwarna merah, berminyak, masir dan selalu mengundang selera. Sehingga pantas Brebes disebut sebagai Kota Telur Asin.

Telur Asin Brebes merupakan telur asin nomor 1 di Indonesia karena lezatnya dan kualitasnya sangat dikenal dan tidak diragukan lagi.

Sehingga pantas Brebes disebut sebagai Kota Telur Asin. Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat menyukai telur asin Brebes karena rasa yang gurih dan masir.

Ciri – ciri telur asin yang bagus dan berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri bagian kuning telur berwarna jingga terang hingga kemerahan, “kering” (jika digigit tidak mengeluarkan cairan), tidak menimbulkan bau amis, dan rasa asin tidak menyengat.

Selain itu kelezatan rasa telur asin Brebes dipengaruhi pula oleh kandungan pakan bebek, yang mengutamakan ransum pilihan, protein tinggi dan alami.

Pengolahannya tanpa pengawet, sehingga diperoleh rasa tradisional yang khas. Sehingga hal inilah yang membedakan telur asin Brebes dengan telur asin daerah lain.

BACA JUGA:Tak Hanya Jawa Barat: Bahasa Sunda Juga Dipakai Masyarakat Jawa Tengah, Paling Banyak di Brebes

Adapun ciri – ciri telur asin Brebes adalah :

a. Rasa yang tidak terlalu asin

b. Warna kuning telur yang terang pekat

c. Berminyak khas di dalam telur asin

d. Masir, gurih dan bahkan enak untuk kudapan

e. Kaya akan gizi dan protein

f. Tidak menimbulkan bau amis

g. Rasa asin tidak menyengat

h. Harga yang terjangkau

3.    Batik Brebes

Brebes memiliki Batik dengan kualitas yang unggul dengan nama Batik Salem. Hingga saat ini sudah banyak orang meminati dan cukup banyak jenis motif batik yang telah di produksi seperti motif klasik, ukel, sidomukti, griban,halang, pagi sore, sawat rante, kopi pecah dan sebagainya.

Batik Berbes memiliki corak unik yang tidak kalah juga dengan daerah lain.

Batik merupakan salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Pertian batik mengacu pada dua hal yaitu pertama, teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain (wax-resist dyeing).

Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan.

Salah satu jenis batik yang kini mulai menjadi memiliki banyakminat yaitu Batik Salem Brebes.

Saat ini batik salem telah menembus pasar nasional.

Inovasi dalam hal motif batik senantiasa dilakukan mengingat persaingan batik saat ini sekaligus sebagai bentuk pengembangan aspek seni batik.

Batik Salem Brebes kini kaya akan motif seperti motif kopi pecah, mangga, merak, ukel kangkung, sinar rantai dan lain sebagainya.

Dalam inovasinya kini motif dari batik salem menggambarkan produk unggulan kota Brebes, seperti kain bergambar bebek dan juga bawang merah dimana hal ini menunjukkan bahwa Brebes sebagai penghasil telur asin dan bawang merah sebagai produk unggulan daerah brebes.

4.    Kerang Simping

Brebes merupakan salah satu penghasil Kerang Simping karena Brebes terletak di pesisir pulau jawa sehingga hasil laut banyak dihasilkan di Brebes.

Kerang Simping memiliki nilai ekonomi tinggi karena dapat dijadikan sebagai sumber makan dan bahan kerajinan. Kerang Simping dalam bahasa ilmiahnya yaitu Keramoluska bivalvia yang berasal dari famili Pectinidae.

Kerang Simping hidup di perairan laut, kosmopolitan (dapat ditemui di semua perairan bumi). Simping dianggap kerang yang paling aman untuk dimakan mentah. Beberapa simping yang warna cangkangnya terang dijadikan bahan baku kerajinan dari kerang.

5.  Keramik Hias

Keramik Brebes juga tidak kalah bagus dan uniknya dibanding daerah lain. Keramik Hias Brebes terkenal seperti keramik model Cina. Pemasaran produk keramik brebes sudah mencapai Jakarta, Bandung, Sumatera, Kalimantan dan Nusa Tenggara Barat.

Kabupaten Brebes terkenal dengan keramik hiasnya. Keramik merupakan suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar dengan suhu tertentu.

Keramik hias Brebes tersebut banyak diminati karena punya nilai artistik cukup tinggi sehingga tidak kalah dibandingkan dengan kerajinan keramik Cina.

Para pengrajin terampil membuat kerajinan gerabah dan juga terampil membuat kerajinan keramik seperti guci dan piring keramik hias.

Produksi rata-rata per tahun keramik hias Kabupaten Brebes mencapai 42.000 buah. Pemasaran keramik hias Brebes seperti di kota-kota besar di Jawa, juga dipasarkan ke Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

6.    Rebana

Produk Unggulan Brebes lainnya yaitu rebana. Rebana dijadikan sebagai alat musik budaya juga. Rebana menjadi produk unggulan karena Rebana Brebes memiliki model yang bagus, awet, dan dengan bahan berkualitas tinggi.

Sehingga tidak salah banyak pemesanan dan orang memilih Rebana Brebes.

Rebana atau Terbang adalah gendang berbentuk bundar dan pipih. Bingkai berbentuk lingkaran dari kayu yang dibubut, dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing.

Brebes merupakan daerah produksi Rebana yang memiliki pangsa pasar yang bagus di seluruh Indonesia.

Rebana digunakan masyarakat sebagai alat musik tradisional untuk kesenian yang biasanya mengiringi acara/ upacara tertentu seperti acara keagamaan, pernikahan, dan sebagainya.

BACA JUGA:Bawang Merah Bukan Hanya Bumbu Pelengkap, Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Itulah 6 produk unggulan Kabupaten Brebes yang perlu kalian ketahui. Semoga inforamsi tersebut dapat bermanfaat bagi anda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: