Bawang Merah Bukan Hanya Bumbu Pelengkap, Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Bawang Merah Bukan Hanya Bumbu Pelengkap, Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Bawang merah ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh--

DISWAYJATENGBawang merah merupakan bumbu dapur wajib yang selalu tersedia pad dapur anda. Menurut orang-orang jaman dahulu, meletakkan  pada ruangan orang yang sakit juga dapat membantu penyembuhan. Namun, tidak ada kebenaran ilmiah bahwa potongan tanaman  dapat menyerap kuman ataupun menghilangkan racun.

Menurut Luke Coutinho, National Onion Association, membagikan beberapa manfaat kesehatan ini. menurutnya, tanaman obat ini  dapat menyembuhkan pilek, batuk, demam tingi, sakit tenggorokan serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Sayuran berlapis ini adalah bagian dari keluarga allium sayuran dan rempah-rempah yang juga termasuk kucai, bawang putih, daun bawang.

Jenis bawang merah yang paling umum adalah merah, kuning dan putih. Berikut ini terdapat beberapa manfaat bawang merah bagi kesehatan :

manfaat bawang merah

  1. Meningkatkan kekebalan

Tanaman obat ini memiliki fitokimia tertentu yang berfungsi sebagai stimulant vitamin C dalam tubuh. Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh anda dengan melawan racun yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Bawang merah memiliki nutrisi penambah kekebalan seperti selenium, senyawa belerang, seng dan vitamin C.

  1. Menyembuhkan batuk

Bawang merah dapat anda gunakan sebagai obat rumahan yang efektif utnuk menyembuhkan batuk. Untuk ini, anda perlu mengiris bawang dan menyimpannya dalam mangkuk. Tambahkan sedikit air ke dalamnya. Anda dapat meminum tiga hingga empat sendok campuran tersebut tiga kali sehari.

  1. Sakit tenggorokan

Seperti tadi penjelasan sebelumnya, bawang mengandung senyawa belerang yang membantu melawan lendir dan mendorong pengeluaran lendir. Bawang merah sebagai antibiotic alami yang paling kuat, yang dapat melawan infeksi irus dan bakteri.

  1. Demam tinggi

Bawang adalah ramuan kuno dan serbaguna dari pengobatan rumah India untuk mengobati demam kronis. Ini membantu menurunkan suhu tubuh dan meredakan sakit tubuh yang menjadi sebab dari demam.

Anda cukup menyimpan bawang menjadi potongan-potongan kecil dan memasukkannya dalam mangkuk. Tambahkan air dan simpan selama enam sampai tujuh jam. Minum campuran ini tiga sampai empat kali dalam sehari.

BACA JUGA:Makanan Sehat Ibu Hamil, Apa Saja?

  1. Pilek dan Flu

Anda mungkin tidak mengetahuinya, bawang  dan bawang Bombay juga bagus untuk menyembuhkan hidung bengkak. Satu sendok jus bawang  yang mengandung antioksidan kuat akan membebaskan anda dari flu berat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: