Pantas Jengkol Banyak Digemari, Selain Enak Ternyata Ini Daftar Manfaatnya Bagi Kesehatan

Pantas Jengkol Banyak Digemari, Selain Enak Ternyata Ini Daftar Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ilustrasi Jengkol--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Jengkol atau sering disebut dengan jering, merupakan tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara. Jengkol yang memiliki nama ilmiah Archidendron pauciflorum tergolong ke dalam suku polong-polongan.

Secara bentuk, biji jengkol berbentuk gepeng berbelit membentuk spiral serta berwarna lembayung tua. Sedangkan bijinya memiliki kulit ari tipis yang warna coklat mengkilap.

Jengkol sangat digemari, terutama di Indonesia, sebagai salah satu bahan pangan. Meski banyak penggemarnya, namun ada juga orang yang tidak menyukai jengkol.

Hal ini karena mengonsumsi jengkol dapat menimbulkan bau tidak sedap pada urin setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan segar sebagai lalap.

Terlepas dari selera dari masing-masing orang mengenai jengkol, rupanya ada berbagai macam khasiat jengkol apabila dikonsumsi oleh manusia.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat jengkol bagi kesehatan:

1. Mencegah Anemia

Manfaat jengkol yang pertama adalah mengatasi dan mencegah anemia.

Jengkol kaya akan kandungan zat besi yang berfungsi memproduksi sel darah merah dalam tubuh sehingga dapat menjadi makanan yang ampuh mencegah anemia.

Untuk wanita, sangat dianjurkan mengonsumsi jengkol saat sedang menstruasi untuk memperbarui sel darah merah yang keluar dengan sel darah merah yang baru.

2. Sumber serat

Manfaat jengkol sebagai sumber serat yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus.

Serat adalah jenis karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia. Serat terdiri dari dua jenis, yaitu serat larut dalam air dan serat tidak larut dalam air.

Jengkol mengandung kedua jenis serat ini, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

 

Serat tidak larut dalam air membantu mempercepat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan.

Hal ini dapat mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus dengan mengurangi risiko terjadinya divertikulosis (kantung-kantung kecil yang berkembang di usus besar).

Serat dapat membantu mengontrol penyerapan glukosa (gula) dalam darah setelah makan, sehingga dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 atau membantu mengelola kondisi bagi penderita diabetes.

Serat memberikan rasa kenyang lebih lama dan cenderung mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Hal ini dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mencegah obesitas.

3.  Menangkal Radikal Bebas

Jengkol memiliki kandungan vitamin A dan C di dalamnya. Kedua vitamin ini bertindak sebagai antioksidan yang dapat mengatasi radikal bebas, penyebab daya tahan tubuh menurun.

Jadi, mulai saat ini kamu tidak perlu merasa bersalah apabila mengonsumsi sedikit jengkol saat merasa kurang fit, ya.

BACA JUGA:Bikin Tagihan Listrik Rumah Berkurang! Begini Tips Menghemat Token Listrik di Rumah dengan Mudah

4. Membantu Jantung Tetap Bekerja Optimal

Manfaat jengkol bagi kesehatan tidak terlepas dari kandungan vitamin A dan C di dalamnya. Seperi yang telah dijelaskan, kedua vitamin tersebut dapat berperan sebagai antioksidan.

Karena itulah, jengkol dapat mencegah berbagai racun yang perlu dibuang oleh tubuh.

Pada akhirnya, kerja jantung tidak akan berlebih dan tetap bertugas sesuai kemampuannya, sehingga kesehatan kamu tetap terjaga. Peredaran darah ke seluruh tubuh juga akan lancar dan tidak terganggu.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Perlu Anda tahu bahwa jengkol memiliki manfaat untuk mencegah penyakit jantung. Hal tersebut bisa terjadi karena jengkol mengandung vitamin yang cukup banyak.

Dengan mengonsumsi jengkol,  sumbatan di pembuluh darah akan menjadi lancar.

Banyak yang belum tahu bahwa jengkol dapat mencegah penyakit jantung. Hal tersebut berkat vitamin yang terkandung dalam jengkol.

Maka dari itu, dengan mengonsumsi dapat memperlancar sumbatan pada aliran darah. Tidak hanya itu, kandungan vitamin pada jengkol juga akan membuat jantung bekerja dengan baik dan optimal pada aliran darah.

6. Mencegah Diabetes

Manfaat jengkol yang terakhir adalah dapat mencegah penyakit diabetes. Pasalnya, dalam jengkol mengandung satu zat yang tidak dimiliki oleh buah lain yaitu asam jengkolat.

Akan tetapi, asam jengkol ini tidak disarankan untuk  mereka yang mengidap penyakit ginjal.

Itulah tadi beberapa manfaat dari buah jengkol bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber