Simak! Ini 12 daftar Daerah Terkaya di Jawa Tengah

Simak! Ini 12 daftar Daerah Terkaya di Jawa Tengah

Jawa Tengah menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat untuk tinggal.--

 5. Sukoharjo

Di tahun 2022, jumlah penduduk di Sukoharjo mencapai 916.000 jiwa dan PDRB mencapai Rp42 miliar. Sedangkan PDRB per kapita di Sukoharjo mencapai Rp46.715.000. Selain itu, jumlah penduduk miskin di Sukoharjo mencapai 68.000 jiwa.

BACA JUGA : 

 

Ricuh, Pengawal Airlangga Hartarto Ancam Tembak Wartawan Usai Diperiksa

6. Kota Solo 

Kota Solo atau Surakarta masuk dalam jajaran daerah terkaya di Jawa Tengah. Jumlah penduduk Kota Solo mencapai 522.364 jiwa pada tahun 2020 dengan kepadatan 11.861 jiwa per kilometer persegi. Sedangkan pendapatan perkapita mencapai Rp91 juta lebih. Perdagangan dan pariwisata menjadi salah satu motor penggerak perekonomian di kota ini. 

Industri batik menjadi salah satu sektor perekonomian di Kota Solo. Sentra kerajinan batik di antaranya di Laweyan dan Kauman. Pasar Klewer jadi pusat perdagangan batik terbesar di Indonesia. Sejumlah pasar tradisional turut menggerakkan perekonomian di Kota Solo.

Kota Solo juga menjadi daerah tujuan wisata. Tempat wisata yang dapat dikunjungi antara lain Keraton Solo, Pura Mangkunegaran, pasar tradisional, dan Solo Safari. Atraksi budaya dan kuliner juga menjadi daya tarik masyarakat dari luar daerah untuk berkunjung ke Kota Solo.

7. Kota Magelang

Daerah terkaya di Jawa Tengah berikutnya adalah Kota Magelang. Penduduk Kota Magelang mencapai 127.251 jiwa pada tahun 2020 dengan kepadatan 7.919 jiwa per kilometer persegi. Kota ini memiliki pendapatan perkapita sekitar Rp71 juta. Kota Magelang memiliki posisi yang strategis, karena berada di jalur utama Semarang-Yogyakarta.

Sebagai daerah yang memiliki letak strategis, Kota Magelang sering menjadi tempat transit. Banyaknya kunjungan dan aktivitas pendatang dari luar Kota Magelang menjadi peluang peningkatan pemasukan bagi kegiatan berkaitan dengan orang banyak, di antaranya pariwisata. Tempat pariwisata di Kota Magelang antara lain Taman Kyai Langgeng, kawasan Pecinan atau museum. Sektor ekonomi yang eksis di Magelang adalah perikanan.

8. Kota Tegal 

Daerah terkaya di Jawa Tengah berikutnya adalah Kota Tegal. Penduduk di kota ini mencapai 287.959 jiwa pada tahun 2021 dan kepadatan 7.257 jiwa per kilometer persegi. Kota Tegal memiliki pendapatan perkapita mencapai sekitar Rp60 juta. 

Perdagangan dan jasa menjadi denyut nadi perekonomian di Kota Tegal. Daerah ini menjadi tempat pengolahan akhir dan pemasaran berbagai produk dari kawasan Jawa Tengah bagian barat. Sektor perikanan berperan penting dalam perekonomian Kota Tegal.

Kota Tegal berada di pesisir Laut Jawa, menjadikannya memiliki produksi perikanan yang besar. Pusat kegiatan perikanan laut berada di Pelabuhan Perikanan Pantai Jongor dan Pelabuhan Tegal Timur. Sedangkan pusat kegiatan perikanan tambak tersebar di daerah payau atau daerah peralihan antara air sungai dan air laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawa tengah menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat untuk tinggal.