Mengenal Sejarah Nama, Hari Jadi Kota Tegal, Ada Silsilah Ki Gede Sebayu dan Mbah Panggung

Mengenal Sejarah Nama, Hari Jadi Kota Tegal, Ada Silsilah Ki Gede Sebayu dan Mbah Panggung

sketsa--Mengenal Sejarah Nama, Hari Jadi Kota Tegal

DISWAYJATENG.ID - Tegal adalah salah satu kota di Jawa Tengah. Tak hanya dikenal dengan wartegnya. Kota Tegal ternyata pernah menjadi cikal bakal berdirinya korps marinir yang dibentuk pada 15 November 1945 dengan nama corps mariniers.

 

Pelaut Portugis dan cerita Ki Gede Sebayu

Lalu bagaimana asal-usul nama Tegal?

 

Sejarah asal-usul terbentuknya Tegal tidak terlepas dari seorang tokoh yang bernama ki Gede Sebayu.

 

Namanya dikaitkan dengan trah Majapahit karena sang ayah Ki Gede Tepus Rumput ( Pangeran Onje ) ialah keturunan batara Katong Adipati Ponorogo yang masih punya kaitan dengan keturunan dinasti Majapahit.

 

Penekanan pada bidang pertanian, tak dapat dilepaskan dari kondisi wilayah dan akar kesejarahan tlatah kabupaten Tegal yang mengembangkan kapasitasnya selaku wilayah agraris.

BACA JUGA: 

Ini Dia Mitos dan Misteri yang Ada di Pantai Jodo Batang

 

 

Beliau melepas atribut kebangsawanannya dan mengembara mencari hakekat hidup. Sampailah dia disebuah daerah penuh ilalang, padang rumput luas dengan sungai yang dialiri air yang bening sampai muara laut.

 

Sungai itu adalah sungai gung. Sungai ini dinamakan kali gung sebab bersinggungan dengan mata air yang berasal dari gunung Agung yakni sebuah nama kuno dari gunung Slamet.

 

Ditengah hamparan padang rumput luas itu, Ki Gede Sebayu temukan persinggahan, disana hanya ada beberapa bangunan semi permanen yang dihuni sejumlah santri dan sebuah makam keramat Sunan Panggung.

 

Sunan Panggung Yang bernama asli As sayyid Abdurahman As Segaf putra dari Sunan Drajat dan Dewi Condrowati yang merupakan adik dari Sunan Bonang.



Dijelaskan dalam Buku Asal-usul Kota-kota di Indonesia Tempo Doeloe, di tahun 1530 ada sebuah desa yang bernama Teteguall. Desa tersebut masuk wilayah Kabupaten Pemalang yang mengakui sebagai trah Pajang.

 

Nama Teteguall diberikan oleh pelaut Portugis yang bernama Tome Pires yang pernah singgah di Pelabuhan Tegal pada tahun 1500-an. Konon kata Teteguall berarti tanah subur yang mampu menghasilkan tanaman pertanian.

 

Namun kisah lain menyebutkan jika desa cikal bakal Kota Tegal dibangun oleh Ki Gede Sebayu. Penobatan Sebayu sebagai pempimpin tertinggi dilakukan bersamaan dengan festival tradisional setelah panen besar yakni 12 April 1580.



Hari penobatan Ki Gede Sebayu yang diangkat menjadi Juru Demung dijadikan sebagai Hari Jadi Kota Tegal.

Ki Gede Sebayu berhasil mengembangkan hasil pertanian karen tanah yang mereka tempati sangat subur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: mengenal sejarah nama