Segera Hentikan! Berikut 8 Kebiasaan yang Bisa Membuat Gigi Anda Jadi Kuning

Segera Hentikan! Berikut 8 Kebiasaan yang Bisa Membuat Gigi Anda Jadi Kuning

--

DISWAYJATENG.ID - Berikut 8 Kebiasaan Yang Bisa Membuat Gigi Anda Jadi Kuning. Sebenarnya, gigi yang berwarna kuning bukanlah tanda bawah gigi tersebut tidak sehat.

Namun, warna tersebut terjadi karena kebiasaan buruk yang dilakukan terhadap gigi. Jika gigi yang kuning dibiarkan, tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan kerusakan pada gigi nantinya.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu mengetahui kebiasaan-kebiasaan yang membuat gigi menjadi kuning. Sehingga, kamu bisa menghindari untuk melakukan kebiasaan tersebut.

Penasaran apa saja kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat gigi menjadi kuning? Simak yuk lewat artikel berikut.

1. Terlalu sering merokok

Merokok bukan hanya dapat merusak pernapasan, tapi bisa membuat gigi kamu menguning. Karena rokok mengandung nikotin dan tar yang terdapat pada tembakau. Kedua zat tersebut sangat mudah menempel pada gigi.

Akibatnya, zat tersebut akan menumpuk dan membuat gigi menjadi kuning. Apalagi jika kamu termasuk perokok berat, gigi kuning tersebut lama-kelamaan akan berubah menjadi hitam setelah bertahun-tahun.

2. Terlalu sering konsumsi buah asam

Jeruk, tomat, nanas, beri, lemon,  atau buah asam lainnya yang sering disajikan menjadi jus. Buah-buah tersebut kaya akan vitamin, namun bila dikonsumsi terlalu sering juga bisa mengubah warna gigi. Oleh karena itu, untuk mencegah gigi kuning, Anda harus menyeimbangkan kebutuhan air setelah mengonsumsi buah tersebut.

3. Kebiasaan minum kopi dan teh

Kopi dan teh memiliki kandungan zat yang dapat mengubah warna gigi. Pada kopi dan teh, kandungan taninnya ternyata menyebabkan gigi menguning.

Tanin akan menempel pada lapisan gigi terluar, sehingga perlahan-lahan mengubah warna gigi menjadi kuning. Pada gigi dengan permukaan yang tidak rata, noda kuning ini akan semakin mudah terlihat dan semakin jelas.

Lebih mengejutkan lagi, ternyata kandungan tanin pada teh jauh lebih tinggi daripada kopi, sehingga teh lebih cepat membuat gigi kuning.

4. Konsumsi obat-obatan dan antibiotik

Ada jenis obat-obatan dan antibiotik tertentu yang bisa menyebabkan gigi menguning, yaitu obat jenis tetracycline dan doxycyclie. Selain kedua jenis tersebut, beberapa obat alergi dan tekanan darah juga mengakibatkan hal yang sama.

Oleh sebab itu, selalu ikuti petunjuk dokter agar tidak minum obat berlebih.

BACA JUGA:Kurang-Kurangin! Inilah Makanan dan Minuman yang Membuat Gigi Jadi Kuning

5. Terlalu sering menggunakan obat kumur

Obat kumur mengandung chlorhexidine yang merupakan senyawa pembunuh bakteri. Namun, kandungan inilah yang menyebabkan perubahan warna pada gigi.

Selain itu, obat kumur juga memiliki kadar asam yang tinggi. Dan ketika obat ini dikonsumsi terlalu sering, gigi akan menjadi kering dan dapat merusak email gigi.

Selain itu jika mulut kering, air liur tidak dapat bekerja secara maksimal dalam menjaga kelembapan mulut, mengurangi tingkat keasaman, melumpuhkan bakteri jahat dan mencegah noda menempel pada enamel.

Sehingga, ada baiknya jika kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat kumur.

6. Terlalu keras menggosok gigi

Meski menggosok gigi harus dilakukan secara rutin, kamu tidak boleh asal saat melakukannya. Menggosok gigi terlalu keras dan cepat bisa membuat gigi kamu menjadi kuning. Karena tekanan tersebut dapat mengikis lapisan enamel dan mengekspos lapisan dentin.

Sehingga, kamu juga perlu memperhatikan cara menggosok gigi yang benar. Lakukanlah dengan perlahan dan jangan menggosoknya terlalu keras. Pastikan kamu juga menggosok gigi sebelum tidur.

7. Terlalu sering terpapar fluoride

Flouride merupakan bahan utama dalam pasta gigi dan produk perawatan gigi lainnya. Jika gigi terlalu sering terpapar flouride, akan menimbulkan efek buruk. Kadar flouride yang melebihi batas wajar dapat membuat gigi berubah menjadi kuning.

Biasanya gigi anak-anak lebib rentan menjadi kuning akibat flouride. Perubahannya pun bervariasi, mulai dari munculnya noda berwarna kuning hingga cokelat tua. Selain itu, permukaan gigi menjadi tidak teratur dan menyebabkan munculnya lubang.

8. Sering Berenang

Berdasarkan studi yang dilakukan terhadap 500 perenang, 66 persen dari mereka mengalami kerusakan. Bagaimana bisa? Ya, hal ini disebabkan karena adanya kandungan klorin yang terdapat di dalam kolam renang.

Kandungan klorin yang tinggi akan memengaruhi pH air dan dapat menyebabkan kandungan asamnya menjadi tinggi pula.

Akibatnya, gigi bisa berubah menjadi kuning ketika terlalu sering berenang. Sehingga, sebaiknya lakukan menggosok gigi setelah kamu selesai berenang.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber