Ujung Kulon Ternyata Bukan Sekedar Tentang Hewan Saja, Ada Apa Saja Disana? Simak!

Ujung Kulon Ternyata Bukan Sekedar Tentang Hewan Saja, Ada Apa Saja Disana? Simak!

Pantai Ujung Kulon--Ujung Kulon Ternyata Bukan Sekedar Tentang Hewan Saja

DISWAYJATENG.ID - Taman Nasional Ujung Kulon sebuah kawasan taman nasional yang terletak di ujung paling barat pulau Jawa. Tepatnya, wilayah ini berada di Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Jawa Barat. Disana bukan hanya sekedar tentang hewan saja ternyata. 

 

Taman Nasional Ujung Kulon memiliki luas 122.956 Ha dan 44.337 Ha dari keseluruhan luas kawasan Taman Nasional Ujung Kulon merupakan perairan.

Dengan luas mencapai 122.956 Ha, kawasan Taman Nasional Ujung Kulon merupakan taman nasional sekaligus tempat wisata alam yang sangat luas dan menarik untuk dijelajahi. Di taman nasional ini, pengunjung dapat menikmati pamandangan alam yang memuaskan mata.

BACA JUGA: 

Ini Dia 6 Tempat Wisata di Garut Dengan Alam Mempesona yang Wajib Kunjungi

 

Alam yang terjaga, vegetasi yang tumbuh dengan bebas serta pantai yang memanjakan mata membuat pengunjung mampu melupakan kepenatan sehari-hari. Bahkan di beberapa wilayah Taman Nasional Ujung Kulon, pengunjung dapat melihat satwa-satwa liar yang hidup bebas.

Pada 1 Februari 1992, komisi warisan dunia UNESCO menetapkan Taman wisata Ujung Kulon sebagai Natural Heritage Site. Taman Nasional Ujung Kulon merupakan rumah bagi Badak Jawa yang terancam punah.

Jika ke taman nasional ini, ada beberapa wilayah yang bisa dikunjungi, yaitu Gunung Honpe, Semanjung Ujung Kulon, Pulau Peucang, Pulau Handeleum, dan Pulau Panaitan.

 

Berikut aktivitas dan pemandangan yang dapat dilihat di setiap tempat wisata:

 

1. Gunung Honje

Gunung Honje merupakan salah satu wilayah Taman Nasional Ujung Kulon yang dikelilingi 19 desa penyangga, baik yang berbatasan langsung maupun tidak. Salah satu desa yang menjadi pintu gerbang adalah Desa Tamanjaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ujung kulon ternyata bukan sekedar tentang hewan saja