Ujung Kulon Ternyata Bukan Sekedar Tentang Hewan Saja, Ada Apa Saja Disana? Simak!

Ujung Kulon Ternyata Bukan Sekedar Tentang Hewan Saja, Ada Apa Saja Disana? Simak!

Pantai Ujung Kulon--Ujung Kulon Ternyata Bukan Sekedar Tentang Hewan Saja

Obyek wisata yang terdapat disekitar Tamanjaya antara lain Desa Nelayan Cibanua, Curug Cipanis, Sumber Pemandian Air Panas Cibiuk, dan Curug Cikacang. Curug Cikacang merupakan tempat wild life viewing untuk melihat Owa Jawa yang merupakan satwa endemik.

 

2. Semenanjung Kulon (Ujung Kulon)

Semenanjung Kulon merupakan habitat Badak Jawa, sehingga pengelolaan wisata untuk wilayah ini sangat terbatas sekali agar tidak mengganggu habitat Badak Jawa. Wisata yang dapat dilakukan disini adalah tracking, kemah, dan wild life viewing atau melihat kehidupan liar.

 

3. Pulau Peucang

Pulau Peucang merupakan wilayah yang banyak dikunjungi wisatawan. Hamparan pasir putih yang luas membentang serta perairan yang jernih menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung. Di pulau Peucang, pengunjung dapat berenang, snorkeling atau menyeberang ke padang penggembalaan Cidaon dan melakukan wild life viewing.

 

4. Pulau Handeleum 

Wilayah ini terletak di antara gugusan pulau-pulau kecil di ujung timur laut Semenajung Ujung Kulon. Di pulau ini pengunjung dapat bersampan di sepanjang sungai Ciganter sambil melihat tipe hutan tropis sepanjang sungai. Pada bagian hulu sungai terdapat rute jalan setapak yang melintasi tumbuhan bambu menuju air terjun bertingkat. Di pulau Handeleum, pengunjung perlu berhati-hati karena pulau ini merupakan tempat tinggal rusa dan ular python.

 

5. Pulau Panaitan Pulau Panaitan

Pulau terletak di paling barat Semenanjung Ujung Kulon. Perbukitan Panaitan terbentuk dengan kombinasi vegetasi mangrove, hutan pantai, dan hutan dataran rendah.

Hutan di pulau Panaitan merupakan hutan asli sehingga masih banyak berbagai satwa liar, seperti rusa, kancil, babi hutan, kera ekor panjang, buaya, kadal, ular dan berbagai jenis burung. Sehingga, pengunjung harus berhati-hati Di sisi lain, pengunjung dapat melakukan snorkeling atau berselancar di Pulau Panaitan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ujung kulon ternyata bukan sekedar tentang hewan saja