Resep Soto Ayam Ala Rumahan yang Enak dan Lezat

Resep Soto Ayam Ala Rumahan yang Enak dan Lezat

Soto Ayam Ala Rumahan--

DISWAYJATENG.ID - Salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal adalah soto ayam, dimana makanan ini terdiri dari kuah kaldu ayam yang lezat serta disajikan dengan potongan daging ayam, mie bihun atau nasi putih dan pelengkap seperti irisan tomat hijau segar dan daun seledri.

Berikut adalah resep soto ayam enak yang bisa kamu buat di rumah beserta langkah-langkahnya:

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat soto ayam antara lain:

1 ekor ayam, potong menjadi bagian-bagian, 2 liter air, 2 batang serai, memarkan, 4 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, 2 cm jahe, memarkan, 3 siung bawang putih, cincang halus, 3 siung bawang merah, cincang halus, 2 sendok makan minyak goreng, 1 sendok teh garam (atau sesuai selera), 1/2 sendok teh merica bubuk, 1 sendok makan kecap manis, 200 gram mie bihun, seduh air panas, 100 gram tauge, seduh air panas, Daun seledri, iris halus (sebagai hiasan), Bawang merah goreng (sebagai hiasan), dan yang terakhir siapkan juga Jeruk nipis, potong menjadi irisan kecil (sebagai pelengkap)

Deskripsi langkah-langkah:

1. Langkah pertama untuk membuat soto ayam yaitu rebus potongan ayam dalam air mendidih. Buang kotoran yang muncul dan biarkan ayam matang hingga empuk. Angkat ayam dan sisihkan kaldu rebusan.

2. lalu langkah berikutnya panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih, bawang merah, serai, daun jeruk, daun salam, dan jahe hingga harum.

3. Selanjutnya masukkan ayam yang sudah direbus ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga ayam terlumuri bumbu dengan baik.

4. langkah keempat anda bisa tuangkan kembali kaldu rebusan ayam ke dalam panci dan masukkan ayam yang sudah ditumis. Biarkan mendidih dan tambahkan garam, merica, dan kecap manis. Aduk rata dan biarkan mendidih hingga bumbu meresap ke dalam ayam.

5. langkah berikutnya yakni dimana sembari kita menunggu ayam matang, siapkan bahan pelengkap. Seduh mie bihun dengan air panas hingga lunak, lalu tiriskan. Seduh juga tauge dengan air panas, kemudian tiriskan.

6. langkah perikutnya yang tak jangan sampai kelupaan adalah mencicipi kuah soto ayam dan tambahkan garam atau merica sesuai dengan selera kamu.

7. Untuk penyajian, letakkan mie bihun dan tauge di dalam mangkuk, lalu tuangkan soto ayam dan potongan ayam di atasnya. Taburi dengan daun seledri dan bawang merah goreng sebagai hiasan. Sajikan soto ayam dengan irisan jeruk nipis di sampingnya.

8. dan setelah semua langkah sudah diikuti soto ayam pun siap disajikan. Nikmati panas-panas bersama keluarga.

Selamat mencoba, semoga berhasil!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: