Tragis! Bayi 18 Bulan Idap Lumpuh Otak

Tragis! Bayi 18 Bulan Idap Lumpuh Otak

Kepala Puskesmas Tegal Timur dr Rini saat mengedukasi orang tua bayi agar segera kontrol agar kesehatan Aquila segera membaik. -Agus Wibowo-jateng.disway.id

"Untuk bayi Aquila ini tidak termasuk gizi buruk. Karena diagnosa dari spesialis anak ini, Bronkopneumoni dengan CP (Cerebral Palsy) dan epilepsi, tidak termasuk gizi buruk," terang dr. Rini.

 

Dijelaskan bahwa Bronkopneumonia yang disebutkan merupakan infeksi di saluran pernapasan bronkus dan paru-paru, yang dapat terjadi akibat komplikasi dari influenza atau infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). 

BACA JUGA:WARNING! Disdikbud Kota Tegal Diminta Awasi Penggunaan Gadget Siswa

Hal itu bisa disebabkan dari virus maupun bakteri atau jamur. Terlebih gejala-gejala bronkopneumonia yang dialami anak seperti Aquila antara lain batuk-batuk, sesak napas, demam, dan kadang disertai pilek dan penurunan nafsu makan. Penyakit ini juga terkadang timbul bersama dengan penyakit saluran napas lainnya seperti asma dan tuberkulosis.

 

"Dominasi derita Aquila Nasywa berpangkal pada bronkopneumonia atau paru-parunya dengan komorbid yang diikuti Cerebral Parsy dimana pada komorbid terdapat penyempitan pada pembuluh darah di otak, " ungkapnya. 

 

Kalau untuk dominan, bronkopneumoninya, paru-parunya. Dari dokter spesialis anaknya, bronkopneumonia dengan komorbid. Jadi ada CP dan komorbid. Komorbidnya itu ada penyempitan pada pembuluh darah di otak sebelah kiri. 

 

Sedangkan untuk penyakit Cerebral Palsy atau lumpuh otak dan epilepsi yang terjadi pada umumnya, lanjut Rini, bahwa Cerebral Palsy dan epilepsi akan dialami seumur hidup.

BACA JUGA:Ratusan Baliho dan Benner di Kota Tegal Terpasang Secara Liar, Ini yang Dilakukan Pemkot

"Karenanya saran dari kami sebagai petugas kesehatan, ibunya harus rajin kontrol sehingga anaknya diberikan obat rutin sesuai dengan anjuran dokter dan menjalankan fisioterapi," jelasnya.

 

Sementara orang tua bayi, Kholifah, 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id