Waspadai Kebiasaan Berbahaya Tidur dengan Tidak Melepas Softlens, Nomor 5 jarang Diketahui!

Waspadai Kebiasaan Berbahaya Tidur dengan Tidak Melepas Softlens, Nomor 5 jarang Diketahui!

--

DISWAYJATENG.ID - Banyak orang yang menggunakan softlens sebagai alternatif atau pelengkap dari kacamata untuk memperbaiki penglihatan atau hanya untuk alasan estetika. Namun, ada kebiasaan yang berbahaya yang sering terabaikan oleh beberapa orang, yaitu tidur dengan tidak melepas softlens.

Tidur dengan softlens dapat memiliki dampak negatif yang serius pada kesehatan mata. Dalam artikel ini, kita akan membahas bahaya tidur dengan tidak melepas softlens dan pentingnya menjaga kesehatan mata.

Berikut Beberapa Bahaya Apabila Tidur Tidak Melepas Soflent

 

1. Infeksi Mata

Salah satu bahaya terbesar tidur dengan softlens adalah risiko tinggi terjadinya infeksi mata. Saat kita tidur, mata kita memproduksi lebih sedikit air mata, yang dapat menyebabkan penumpukan kotoran, debu, bakteri, atau bahan kimia di sekitar lensa kontak.

Apabila softlens tidak Anda bersihkan atau dilepas sebelum tidur, bakteri dan kotoran tersebut akan terperangkap di antara lensa dan mata, meningkatkan risiko infeksi.

Demikian pula dengan adanya infeksi mata dapat menyebabkan gejala seperti mata merah, iritasi, nyeri, dan bahkan dapat mengganggu penglihatan jika tidak segera tertangani.

BACA JUGA: manfaat konsumsi kentang untuk kesehatan

2. Sindrom Mata Kering

Tidur dengan softlens juga dapat menyebabkan sindrom mata kering. Ketika kita tidur dengan softlens, lensa tersebut mencegah aliran oksigen ke permukaan mata.

Selama tidur, mata tidak bisa mendapatkan cukup oksigen yang terperlukan untuk menjaga kesehatannya. Akibatnya, mata menjadi kering, terasa gatal, terbakar, dan merah.

Sindrom mata kering yang terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan mata dan meningkatkan risiko infeksi.

3. Alergi dan Peradangan

Tidur dengan softlens juga dapat memicu reaksi alergi pada mata. Lensa kontak yang terus-menerus menempel pada mata selama tidur dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada permukaan mata.

Reaksi alergi dapat menyebabkan mata merah, gatal, berair, dan bahkan pembengkakan pada kelopak mata. Oleh karena itu apabila Anda memiliki riwayat alergi atau sensitivitas mata, tidur dengan softlens dapat meningkatkan risiko reaksi alergi yang lebih parah.

BACA JUGA:Jarang Orang Tahu, Ternyata Mandi Air Hangat Memiliki Banyak Manfaat!

4. Luka pada Mata

Tidur dengan softlens juga dapat menyebabkan luka pada mata. Ketika kita tidur, gerakan mata yang tak terkontrol dapat menyebabkan pergesekan antara lensa kontak dan permukaan mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: