Gelar Karya itu Bentuk Apresiasi Terhadap Peserta didik, dan ini Manfaatnya

Gelar Karya itu Bentuk Apresiasi Terhadap Peserta didik, dan ini Manfaatnya

Pelaksanaan Gelar karya yang di adakan PPG UPS Tegal belum lama ini--by

Hasil belajar tersebut ini menjadi bukti konkrit bahwa peserta didik sangat bersungguh-sungguh selama proses pembelajaran. Sehingga, orangtua ini akan menaruh kepercayaan lebih terhadap pihak sekolah.

3.Sebagai wadah promosi lembaga pendidikan

Alat promosi yang terbaik suatu lembaga pendidikan ini adalah peserta didik.  Sebab, peserta didik merupakan produk sekolah. Ketika produk yang ada menghasilkannya baik, maka orang lain akan mersa percaya dan tertarik. 

Begitu juga dengan peserta didik, orang yang melihatnya akan percaya bahwa sekolah tersebut memang tidak main-main dalam mencetak generasi yang berkualitas.

Menyoal kembali tentang pameran karya P5 ini, audience akan menyaksikan langsung hasil keringat peserta didik, baik presentasi, pertunjukan bakat, berupa produk dan sebagainya. 

Apapun itu, mereka pasti akan memahami bahwa sekolah tempat peserta didik untuk belajar telah mengolah dengan baik sistem pembalajaran yang baik pendalamannya.

4.Tempat belajar kewirausahaan

P5 tidak lepas dari kewirausahaan. mengapa? karena dalam program tersebut, siswa memperoleh tuntutan untuk mengeluarkan kreativitas yang menghasilkan inovasi.  Ini secara tidak langsung, mereka akan belajar membaca peluang yang ada dan menciptakan sesuatu yang baru sesuai target.

Apalagi dalam tema P5 ‘kewirausahaan’, siswa ini tidak hanya sekadar membuat, tetapi juga berupaya supaya produknya menghasilkan cuan.Dalam gelar karya ini, pihak sekolah memberikan kesempatan kepada para siswa untuk memamerkan dan menjajakan produknya agar bisa menikmatinya bagi peserta/audience. 

Untuk hal ini, mereka akan menerapkan nilai dan tentang karakter wirausaha untuk mencapai visi misi suatu proyek. Tentunya, program gelar karya P5 ini masih menyalurkan banyak manfaat lainnya.  Dan pastinya, gelar karya ini sangat menguntungkan bagi sekolah dan peserta didik dan tentunya menjadi momen yang paling berharga selama proses pembelajaran.

Prof Dr. Sitti Hartinah DS. Selaku pembimbing dosen Pendidikan Ekonomi mengatakan bahwa gelar karya ini adalah proyek kepemimpinan tentang mata kuliah yang menjadikan bagi mahasiswa  Pendidikan Profesi Guru(PPG) itu menjadi tahu dan paham dengan kehidupannya di masyarakat. dan ini diberikan selama 2 semester. " Untuk semester 1 berupa teori dan semester 2 itu baru mengeksekusi sesuai dengan tema yang diangkat dan tergantung dari prodinya, baik itu Pendidikan Ekonomi, IPA, PPKn ,matematika, Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris". Ungkap prof. Hartinah (*)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.dikbud