Gelar Karya itu Bentuk Apresiasi Terhadap Peserta didik, dan ini Manfaatnya

Gelar Karya itu Bentuk Apresiasi Terhadap Peserta didik, dan ini Manfaatnya

Pelaksanaan Gelar karya yang di adakan PPG UPS Tegal belum lama ini--by

DISWAYJATENG.IDGelar Karya itu Bentuk Apresiasi Terhadap Peserta didik, dan ini Manfaatnya. Pada tahun pelajaran 2022/2023 ini, hampir setiap sekolah yang ada telah menerapkan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka). Kurikulum Merdeka ini memang menyettingnya berbeda dari kurikulum-kurikulum sebelumnya. 

Salah satunya adalah aspek yang termuat dalam kurikulum tersebut, yaitu P5. P5 tidak hanya sekadar meminta anak belajar dan membuat proyek. Tetapi, ada juga apresiasi yang berupa gelar karya P5 dari sekolah terhadap usaha peserta didik selama pelaksanaan proyek.

Kenapa ini harus ada P5? Salah satu alasan utamanya yaitu untuk memperkuat karakter dan pencapaian kompetensi siswa yang sesuai dengan profil pelajar pancasila. nJadi patokannya ini terdapat pada profil pancasila tersebut. 

Dalam hal, profil pancasila mendorong pendidik agar berupaya lebih untuk mempersiapkan peserta didiknya yang tangguh dalam menghadapi global challange.

Gelar Karya itu Bentuk Apresiasi Terhadap Peserta didik, dan ini Manfaatnya

Lantas, haruskah ada juga program gelar karya dalam implementasi P5? Secara global ini memang tidak wajib. Tetapi, dari segi alur pelaksanaan P5 ini, gelar karya sangatlah penting sebagai wujud dari aksi nyata. 

Gelar karya ini akan memfasilitasi peserta didiknya untuk memperlihatkan proyek yang telah berhasil membuatnya. Maka dengan kata lain, program ini merupakan ajang untuk memberikan apresiasi terhadap keberhasilan suatu proyek.

Ada beberapa manfaat lain dari gelar karya P5. Antara lain:

1.Perayaan hasil proyek siswa

Semua siswa baik ini secara individu ataupun kelompok pasti berusaha keras untuk menyelesaikan proyek P5. Dan tentu saja, proyek ini membuatnya sesuai dengan tema P5 yang telah mendapat kesepakatan sebelumnya. Dalam hal ini, mereka akan menghabiskan pikiran, tenaga dan waktu yang cukup banyak. 

Sehingga, sangatlah menyayangkan apabila tidak ada bentuk penghargaan sama sekali. Untuk moment gelar karya P5 atau biasa menyebutnya dengan pameran karya adalah wadah yang tepat untuk merayakan keberhasilan peserta didik. Dan ini, masing-masing siswa (individu/kelompok) akan menunjukkan produknya atau bakat sesuai tema proyek. 

Sementara itu, orangtua, guru dan audience lainnya menyaksikan pertunjukan sebagai bentuk apresiasi.  Dengan begitu, maka siswa akan merasa usaha kerasnya sangat mendapatkan penghargaan. Sehingga, mereka akan semakin giat dalam melakukan proyek P5 selanjutnya.

2.Meningkatkan kepercayaan

Selain untuk peserta didik, kepercayaan orangtua juga akan terus meningkat. Ini karena mereka melihat sendiri bagaimana putra-putrinya bisa beraksi dalam ajang pameran karya. Apa yang ada dalam gelar karya merupakan hasil belajar dari peserta didik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.dikbud