Berbagai Manfaat Untuk Kesehatan Dan Keunikan Buah Naga Kuning

Berbagai Manfaat Untuk Kesehatan Dan Keunikan Buah Naga Kuning

Berbagai Manfaat Untuk Kesehatan Dan Keunikan Buah Naga Kuning-disway jateng-

DISWAYJATENG.IDBuah Naga Kuning merupakan buah dari kaktus panjat yang terkenal dengan bunganya yang besar sehingga menghasilkan buah naga kuning. Bukan hanya itu harum yang mekar terjadi hanya satu hingga dua malam.

Buah naga kuning atau dalam bahasa ilmiahnya Hylocereus megacanthus merupakan varietas terbaru dari buah naga.  Buah ini mempunyai ciri khas warna kuning yang unik dan cerah serta memiliki tekstur yang lembut dan berair.

Selain karena tampilan dan rasanya buah naga kuning juga mempunyai sejumlah fakta yang masih jarang kita ketahui. Maka dari itu kita akan membahas manfaat kesehatan dan keunikan pada buah naga kuning, antara lain;

 

1.Perbedaan buah naga merah dan kuning

Pada buah naga kuning dan merah memiliki rasa yang mirip. Akan tetapi beberapa orang menemukan bahwa versi merah muda memiliki rasa yang lebih pekat. 

Sedangkan buah naga kuning sedikit lebih manis dan lebih segar dan kulit luarnya sedikit lebih tebal.

Buah naga merah memiliki rasa yang sedikit lebih asam, namun tetap manis dan berair, serta memiliki kulit yang lebih tipis.

 

2.Mempunyai nilai gizi yang baik

Buah ini merupakan sumber magnesium, potasium dan fosfor yang baik untuk tubuh. Buah naga kuning ini mengandung serat dan protein dan memiliki kandungan kalsium lebih tinggi dari pada varietas berkulit merah.

Buah naga kuning juga memiliki sejumlah kecil zat besi, vitamin A dan C dan niasin. Buah naga kuning merupakan sumber antioksidan dan asam lemak yang bermanfaat.

Bahkan biji yang dapat kita makan mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Buah naga kuning juga kaya akan vitamin C dan B6, protein, kalsium, dan serat makanan.

 

3.Mengandung manfaat kesehatan

Buah naga kuning mempunyai tinggi serat makanan yang bermanfaat untuk sistem pencernaan karena menghilangkan racun yang ada dalam tubuh. Bahkan dapat menjaga kesehatan optimal seseorang karena meringankan beban kerja organ dan membantu detoksifikasi hati.

Buah naga kuning juga dapat kita gunakan sebagai pembentukan sel darah merah, kesehatan jantung, menurunkan peradangan, meningkatkan kecantikan.

 

4. Asal mula buah naga kuning

Buah Naga Kuning berasal dari wilayah utara Amerika Selatan yang sekarang menjadi Kolombia dan Ekuador. Buahnya masih terbudidayakan dan Kolombia yang menjadi produsen terbesar dan terekspor ke seluruh dunia.

 

Selanjutnya buah naga kuning saat ini telah terbudidayakan oleh Andreas Negara Singapura. Pada awalnya Andreas tertarik dengan warna buahnya yang mencolok saat membelinya pada pasar Ekuador. 

 

 

5.Varietas buah tergolong langka

 

Buah naga kuning masih terbilang langka pada banyak daerah dan juga merupakan varietas baru dalam budidaya. Bahkan sampai saat ini buah naga kuning tergolong sebagai buah yang istimewa dan langka.

 

Selain tidak banyak tersedia pada pasar dengan bentuk dan rasa juga lebih unik terbandingkan buah naga pada umumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: